ADVERTISEMENT

Amanda Gorman Abadikan Memori Pandemi Jadi Buku Puisi

Tia Agnes - detikHot
Senin, 13 Des 2021 18:51 WIB
Pelantikan Biden-Harris: Siapakah Amanda Gorman, pembaca puisi termuda dalam acara bersejarah itu
Amanda Gorman, penyair asal Amerika Serikat. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Amanda Gorman menjadi penyair muda yang bersinar usai diundang di pelantikan presiden Joe Biden. Namanya terus melaju diperhitungkan menjadi salah satu penulis kenamaan Amerika Serikat.

Situasi pandemi COVID-19 membuat Amanda Gorman menulis berbagai sajak. Buku puisi berjudul Fugue menceritakan pengalamannya saat menjalani karantina di pandemi COVID-19.

Buku kumpulan puisinya merupakan usaha agar melestarikan ingatan publik tentang sebuah pandemi.

"Karena tidak ada yang lebih mengerikan daripada pemikiran bahwa kehilangan dan pelajaran saat ini mungkin hilang karena amnesia kolektif," kata Amanda Gorman, dilansir berbagai sumber, Senin (13/12/2021).

Amanda Gorman menuturkan puisi menjadi metode untuk penyelidikan sosial dan cara dia bertahan hidup.

"Di mana kita dapat menginterogasi dan menemukan kembali kemanusiaan kita bersama," ucapnya.

Sebagian besar puisi dalam koleksi ini ditulis dari sudut pandang kolektif. Dalam sajak berjudul At First, dia menuliskan tentang menanyakan kabar kepada orang lain, begini penggalannya:

"Ketika menanyakan bagaimana keadaan orang lain/ Kami tidak mengharapkan tanggapan yang jujur atau tidak/ Kata-kata apa yang bisa menjawab bagaimana kita tetap hidup/"

Menurut Amanda Gorman, ada perasaan khusus ketika menulis puisi-puisi.

"Saya menemukan fakta ketika saya menulis bahwa setiap rasa sakit dan tanggung jawab yang saya miliki, sebagian lain juga dimiliki oleh orang lain. Itu bukan milik saya sendiri, tapi itu adalah jenis pengalaman kolektif," pungkasnya.

Nama Amanda Gorman mencuat dan menjadi sensasi setelah membacakan puisi The Hill We Climb dalam acara hari pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris.

Amanda Gorman diundang untuk membacakan puisi dan hadir bersama penampilan Lady Gaga dan J-Lo di Capitol AS.

Penyair itu bergabung dengan daftar penulis kulit hitam lainnya yang berada dalam daftar terlaris Amazon. Mereka adalah keponakan Kamala Harris lewat buku anak-anak Ambitious Girl. Diikuti oleh A Promised Land yang ditulis oleh Barack Obama.



Simak Video "Penyair Amerika Raih Nobel Sastra 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT