Matt Haig dan Kim Sae-Byul Sapa Pembaca Indonesia di Jakarta Content Week 2021

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 11 Nov 2021 11:27 WIB
Jakarta Content Week 2021
Foto: Jakarta Content Week 2021/ Istimewa
Jakarta -

Penyelenggaraan Jakarta Content Week 2021 resmi dibuka pada 10 November 2021. Dari ratusan narasumber, ada dua penulis internasional yang mengisi acara dan menyapa pembaca Indonesia.

Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) menghadirkan dua penulis internasional yakni Kim Sae-Byul asal Korea Selatan dan Matt Haig dari Inggris.

Di hari pertama pada Rabu (10/11), ada Kim Sae-Byul yang mengisi sesi berjudul Things Left Behind, Connecting Life and Death. Dia bakal berbicara mengenai buku Things Left Behind: Hal-hal yang Kita Pelajari dari Mereka yang Telah Tiada yang menginspirasi lahirnya drama Korea pemenang penghargaan Move to Heaven.

Kim Sae-Byul juga membagikan perspektifnya mengenai relasi dengan sesama makhluk hidup dan kehidupan. Berdasarkan pengalamannya bekerja sebagai trauma cleaner atau jasa membersihkan barang-barang mereka yang telah tiada.

Pada Sabtu (13/11), Matt Haig bakal mengisi sesi berjudul Redefining Comfort. Jurnalis sekaligus aktris Marissa Anita bakal memandu sepanjang diskusi.

Dalam sesi tersebut, Matt Haig akan membicarakan tentang perjalanan hidup Matt sebagai penyintas depresi sampai akhirnya bangkit dari keterpurukan lewat buku-buku yang ditulis.

Public Relations Gramedia Pustaka Utama, Dionisius Wisnu mengatakan melalui karya-karyanya, kedua penulis itu mengajak para pembaca di seluruh dunia untuk bisa bangkit dari depresi.

"Kehadiran mereka secara virtual di Jakarta Content Week 2021 selain untuk menyapa para pembaca di Indonesia dan Asia Tenggara, juga untuk menaikkan kembali kepekaan mengenai isu kesehatan mental," tutur Dionisius Wisnu.

Dionisius Wisnu kembali menambahkan GPU sukses menerbitkan tiga buku Matt Haig yakni Alasan untuk Tetap Hidup, Cara Menghentikan Waktu, dan Perpustakaan Tengah Malam.

"Ketiga buku itu terjual lebih dari 10 ribu eksemplar di Indonesia. Jumlah ini membuat kami semakin yakin untuk menghadirkan penulis Matt Haig karena ini artinya referensi mengenai isu depresi dan kesehatan mental termasuk salah satu yang dicari oleh pembaca kita saat ini," tambah Wisnu.

Selain kedua penulis tersebut, ada penulis lainnya yang turut hadir dalam ajang Jakarta Content Week 2021. Mereka adalah Inggit Putria Marga, Rio Johan, Gol A Gong, Laksmi Pamuntjak, Shinta Febriany, Dian Purnomo, Agustinus Wibowo, Kevindra Soemantri, Venerdi Handojo, Rintik Sedu, dan Desi Anwar hingga 14 November mendatang.



Simak Video "Rumah Jadul Riri Riza Disulap Jadi Tempat Kesenian di Makassar "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)