Mangaka Attack on Titan Hajime Isayama Raih Penghargaan Budaya

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 05 Nov 2021 14:30 WIB
Hajime Isayama, pencipta manga Attack on Titan.
Mangaka Hajime Isayama raih penghargaan budaya dari penerbitan Noma di Jepang Foto: Dok. Ist
Jakarta -

Penerbit Kodansha mengumumkan kabar terbaru dari komikus manga Attack on Titan, Hajime Isayama. Pencipta Attack on Titan itu menerima penghargaan budaya dari penerbitan Noma yang ketiga.

Penghargaan yang diberikan kepada mereka yang berkontribusi baik dalam industri penerbitan di Jepang, terutama bagi komikus yang menciptakan kembali tren manga.

Citra Hajime Isayama dianggap mendunia dan memberikan pengaruh kepada pencinta manga di seluruh dunia.

"Dampak global dari manga Attack on Titan dan ceritanya yang membuat nama Hajime Isayama melambung dan memenangkan penghargaan," tulis keterangan penerbitan Noma, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (5/11/2021).

Sirkulasi manga Attack on Titan di mancanegara lebih dari 100 juta kopi.

Hajime Isayama meluncurkan manga Attack on Titan awalnya di Majalah Bessatsu Shonen Kodansha pada 2009. Dia pun mengakhiri manganya pada 9 April 2021.

Volume manga Attack on Titan yang ke-34 dan terakhir terbit pada 9 Juni 2021. Kodansha Comics menerbitkan versi bahasa Inggris secara digital dan cetaknya.

Versi anime Attack on Titan tak kalah populer. Desember 2020, musim final dari Attack on Titan tayang perdana di stasiun televisi Jepang, NHK dan mendapat apresiasi dari para penggemarnya.

Manga Attack on Titan, dapat keterangan penghargaan budaya Noma, juga disebutkan menginspirasi banyak komik Jepang lainnya. Attack on Titan juga sukses melahirkan novel spin-off, versi anime, video game, dan live-action.

Penghargaan budaya dari penerbitan Noma sebelumnya diraih oleh pencipta manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Koyoharu Gotouge. Manganya juga dianggap mempengaruhi generasi mangaka yang lebih muda lainnya.

Sebelumnya penghargaan serupa juga diterima oleh sutradara film anime Makoto Shinkai, novelis terkenal Keigo Higashino, sampai penerbit manga Ribon dan Nakayoshi.



Simak Video "Siap Bertarung Lawan Raksasa di Free Fire!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)