Ubud Writers and Readers Festival 2021 Beri Penghormatan pada Budi Darma

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 10 Okt 2021 20:04 WIB
Pembukaan Ubud Writers and Readers Festival 2021
(Foto: Wayan Martino/ UWRF 2021) Ubud Writers and Readers Festival 2021 memberikan penghormatan pada sosok mendiang Budi Darma.
Jakarta -

Festival sastra dan pembaca terbesar di Asia Tenggara resmi dibuka pada Kamis (7/10/2021). Di momen spesial tersebut, Ubud Writers and Readers Festival 2021 memberikan penghormatan pada sosok mendiang Budi Darma.

Persembahan bernama Lifetime Achievement Award tahun ini diberikan kepada salah satu penulis paling berpengaruh di Indonesia yang meninggal pada 21 Agustus 2021. Melalui karyanya seperti Olenka dan Orang-orang Bloomington, nama Budi Darma diakui dunia.

Putri mendiang Budi Darma, Diana Budi Darma menerima penghargaan yang disematkan pada ayahnya tersebut. Dalam upacara pembukaan yang disiarkan secara langsung, ia berterima kasih kepada panitia UWRF 2021.

"Saya berterima kasih kepada panitia Ubud Writers and Readers Festival berkat anugerah Lifetime Achievement Award 2021 kepada ayah saya," ucapnya.

"Semoga karya beliau dapat memperkarya khazanah sastra di Indonesia dan menjadi tuntunan bagi penulis muda," lanjutnya.

Sebelumnya, UWRF memberikan penghargaan kepada sosok Made Taro di tahun 2019 dan mendiang Sapardi Djoko Damono pada 2018.

Gelaran UWRF kali ini berlangsung secara hibrid, antara online dan pertemuan fisik secara terbatas dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Lebih dari 130 pembicara mulai dari penulis, pegiat, seniman, sastrawan sampai jurnalis mengikuti program secara bergiliran.

Mengusung tema Mulat Sarira yang berarti 'refleksi diri', UWRF tetap hadir di tengah situasi yang tak menentu akibat pandemi.

Direktur UWRF, Janet DeNeefe mengatakan UWRF pertama kali diselenggarakan usai peristiwa bom Bali pertama. Festival ini berlangsung sebagai upaya untuk menghidupkan kembali perekonomian di Pulau Dewata.

"Kami ingin memberikan harapan kepada masyarakat dan membawa sedikit inspirasi dalam wadah kreatif dan dialog, begitulah cara kami memulainya. Sekarang, kita membutuhkan hal tersebut," kata Janet DeNeefe.

Dia pun melanjutkan, "Tugas kami adalah menciptakan festival terbaik yang bisa kami berikan untuk situasi ini."

UWRF 2021 berlangsung mulai 8 sampai 17 Oktober 2021. Program UWRF juga bisa diakses secara daring maupun datang langsung ke Ubud, Bali.

(tia/aay)