Usai Rampungkan Naskah Rapijali 3, Dee Lestari Buat Buku Soundtrack

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 30 Sep 2021 14:05 WIB
Novel Rapijali Karya Dee Lestari
Dee Lestari sedang menggarap buku soundtrack Rapijali. Foto: Dee Lestari/ Instagram
Jakarta -

Sukses menerbitkan novel Rapijali 1 dan 2, Dee Lestari telah menyelesaikan naskah bagian ketiga. Novel Rapijali 3 rencananya bakal terbit pada Desember 2021.

Di tengah proses editing novel Rapijali 3, novelis Aroma Karsa itu menyiapkan proyek lainnya yang juga berhubungan dengan kisah tentang Ping tersebut. Kabar itu dibagikan lewat akun Instagram pribadinya.

"Setelah manuskrip selesai dan dikirimkan ke editor, saya punya jeda pendek yang saya manfaatkan untuk rehat dari naskah dan pindah ke tugas berikutnya. Menciptakan lagu," tulis Dee Lestari seperti dilihat detikcom, Kamis (30/9/2021).

Sejak awal penggarapan Rapijali, Dee Lestari mengaku tak hanya ingin mengembangkan karakter yang ada di dalamnya. Dia pun ingin menghadirkan lagu betulan, bukan khayalan semata.

Dee Lestari akhirnya tercetus ide proyek berjudul Book Soundtrack Rapijali. Ada lima lagu dari Rapijali 1 dan 2 yang sudah terkumpul dan sedang dalam tahap produksi.

"Tugas saya kini adalah menulis lagu-lagu dari Rapijali 3," kata Dee Lestari.

[Gambas:Instagram]



Menurut dia, rutinitas terbarunya cukup berbeda ketimbang menulis novel. Setiap hari, Dee olahraga lalu hunting lagu di Spotify untuk dijadikan referensi.

"Lagu-lagu tersebut ada yang sudah terkumpul lama, ada yang baru ketemu. Lagu-lagu referensi tersebut saya dengarkan sampai ngelotok di otak, supaya ketika saya mencipta, referensi tersebut sudah menyokong dari bawah sadar. Mungkin ini sama kayak proses riset saat menulis," katanya.

Bahkan dia mengatakan prosesnya memang sama-sama memeras otak dan sampai sakit kepala. Namun soal waktu dan stamina, menulis novel versus menulis lagu adalah ibarat langit dan sumur.

"Nulis lagu kayak lari sprint, sementara novel itu ultramarathon. Pantesan saya jarang bikin lagu, karena sumber dayanya habis buat nulis buku (terdengar seperti pembenaran tapi benar kok 😂)," ungkap penulis Supernova tersebut.

Novel Rapijali diakui Dee Lestari merupakan manuskrip tertua yang pernah ditulisnya ketika duduk di bangku sekolah SMA atau 27 tahun yang lalu. Naskah yang dipendam puluhan tahun itu sempat terbengkalai di gudang rumahnya dan kini sudah merampungkan janjinya tersebut.

Demi membangkitkan naskah yang lama terbengkalai itu, Dee Lestari merombak segalanya mulai dari alur cerita, latar, karakter sampai judul karya.

Naskah Rapijali pun menjadi trilogi dan lahir dalam dua format, digital yang rilis di platform Storial.Co dan versi cetak yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka.



Simak Video "Siapkan Stamina, Ini Kiat-kiat Menulis dari Dee Lestari"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)