Tetap Berkarya, Dee Lestari Buka Lagi Kaizen Writing Workshop di September

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 10 Agu 2021 10:46 WIB
Dee Lestari Terbitkan Novel Rapijali 2: Menjadi
Dee Lestari membuka lagi kelas menulis online di tengah pandemi Foto: Bentang Pustaka/ Istimewa
Jakarta -

Di tengah kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperpanjang oleh pemerintah, Dee Lestari tetap berkarya. Setelah menerbitkan novel Rapijali 2, novelis Aroma Karsa itu kembali menggelar kursus menulis online pada September 2021.

Kabar itu dibagikan oleh Dee Lestari lewat unggahan akun Instagram terbarunya, seperti dilihat detikcom.

"Kelas Kaizen Writing pertama tahun 2021 siap digelar! Kaizen, perbaikan kecil yang dilakukan berkesinambungan, adalah prinsip yang saya yakini dan terapkan dalam menulis. Di kelas ini saya akan berbagi metode hasil pengalaman dan uji coba sepanjang 20 tahun karier saya sebagai penulis," tulis Dee Lestari.

Kursus yang diberi nama sebagai Kaizen Writing Workshop itu pertama kali digelar akhir 2020. Kini memasuki batch kelima, ada tiga kelas yang dibuat mulai 7 September 2021.

Dalam Kaizen Writing Workshop, ia membagi menjadi tiga modul yakni Ide, Peta Cerita, dan Struktur Kerja. Modul kedua tentang Seni Bercerita: Menghidupkan Cerita dan Karakter. Modul ketiga, Sentuhan Profesional: Riset, Swasunting, dan Disiplin Kaizen.

Kata 'kaizen' sengaja diambil Dee Lestari dari filosofi populer Jepang. Kaizen juga berarti perubahan menuju arah yang lebih baik lagi serta secara berkesinambungan.

"Perubahan tersebut dilakukan terus menerus sampai lebih efektif, efisien, dan optimal lagi. Perbaikan kecil itu harus rajin dan konsisten," kata Dee Lestari dalam sebuah wawancara dengan detikcom pada April 2020.

[Gambas:Instagram]



Novelis Supernova itu kembali melanjutkan memilih kaizen sebagai prinsip menulis sudah dilakoninya seiring dengan profesi sebagai penulis.

"Dalam menulis itu tidak ada jalan pintas dan harus meningkatkan jam terbang," ungkapnya.

Sebelum mengumumkan jadwal batch 5 Kaizen Writing Workshop, Dee Lestari sudah merilis novel Rapijali 1: Mencari di awal tahun ini. Sukses dengan Rapijali 1, novel berikutnya yang berjudul Rapijali 2: Menjadi pun terbit pada Juli 2021.



Simak Video "Siapkan Stamina, Ini Kiat-kiat Menulis dari Dee Lestari"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)