Inspirasi Ramses W Hardjanto Tulis The Game of Life and How to Win It

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 29 Sep 2021 08:43 WIB
Ramses W Hardjanto
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Penulis muda Ramses W Hardjanto menulis buku terbarunya yang bertajuk The Game of Life and How To Win It. Perilisan buku tersebut akan dilakukan pada Oktober 2021 berdekatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Rupanya waktu perilisan memang sengaja didekatkan dengan Hari Sumpah Pemuda karena Ramses W Hardjanto hendak memberikan pesan pada publik. Pesan tersebut seperti semangat para remaja Indonesia tak akan padam dan akan terus digelorakan demi membangun Indonesia yang lebih baik lagi.

Ramses menjelaskan, buku yang ia tulis ini terinspirasi dari beberapa orang termasuk para publik figur. Salah satu diva Indonesia, Krisdayanti bahkan menjadi salah satu sosok pada bukunya itu.

Ramses sempat mengenal dan mencari ide pokok pada buku yang ditulisnya ini melalui aktivitasnya bermain golf. Ia mengaku banyak bertemu orang dan berinteraksi di sana.

Selain itu Ramses juga mengaku telah mengambil ide pokok buku dari cara bermain golf yang penuh rintangan.

"Saya melihat bermain golf itu seperti representasi kehidupan. Bagaimana kita memainkan peran kita dalam melakoni kehidupan dan melewati segala rintangan," ujar Ramses pada keterangan pers yang diterima detikcom, Selasa (28/9/2021).

Ramses melanjutkan, golf biasanya kerap disangkutpautkan dengan olahraga mahal. Namun rupanya peralatan golf yang mahal belum tentu dapat membantu pemain untuk menang dalam melewati setiap rintangan.

"Saat berbicara tentang golf, kita akan berbicara tentang kehidupan. Yaitu bagaimana kita mengatur energi, pola pikir dan sumber daya yang kita miliki agar dapat melewati setiap 'hole' dengan baik," tutur Ramses.

"Bagaimana teknik pukulan, focus dan ketenangan mental yang kita gabungkan agar bisa 'par' atau 'birdie' atau 'eagle'. Kalau beruntung bisa 'hole-in-one', atau bagaimana kita harus bersabar tenang dan pantang menyerah saat terjadi 'bogey', papar Ramses.

Begitu pula dengan kehidupan. Ramses menjelaskan, dalam berkehidupan, segala yang dilakukan tak melulu berbuah manis. Terkadang salah langkah atau waktu bisa menjerumuskan setiap orang.

Selain itu, dalam buku ini Ramses juga sempat berdiskusi dengan beberapa publik figur. Diskusi mereka juga mengenai masalah kehidupan sehari-hari dan bagaimana menanganinya.

Salah satu narasumbernya adalah Ade Rai yang merupakan binaragawan terkenal. Ade Rai banyak memberi cerita terkait pengalamannya dalam berkehidupan.

Ramses bahkan mendapat ilmu mengenai kehidupan bahwa bagi Ade Rai hidup yang baik berawal dari keadaan tubuh dan pikiran yang sehat.



Simak Video "Selesaikan Misi Permen Dalgona 'Squid Game' Dapat Buku Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dal)