Komika Sakdiyah Ma'ruf dan 4 Sastrawan Buka LIFEs 2021

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 25 Sep 2021 13:54 WIB
Komika Sakdiyah Maruf di jumpa pers virtual LIFEs 2021
Komika Sakdiyah Ma'ruf di jumpa pers virtual LIFEs 2021 Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Penyelenggaraan Literature and Ideas Festival (LIFEs) 2021 bakal dibuka pada Sabtu (25/9) secara virtual dan fisik dengan prokes ketat di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan.

Festival sastra dan gagasan yang digelar setiap dua tahun sekali itu menghadirkan tema Arab Asyiq dan menggandeng belasan narasumber terkait khazanah serta kesusastraan Arab. Salah satu penampil yang bakal hadir adalah komika asal Pekalongan Sakdiyah Ma'ruf'.

Perempuan yang masuk ke dalam daftar BBC 100 Women pada 2018 bakal mengisi pembukaan festival yang bertajuk Bintang-Bintang di Langit Jakarta. Karya yang ditampilkannya berjudul 'Lahir Perempuan dan Lain-lain'.

Sakdiyah Ma'ruf menuturkan penampilannya adalah refleksi lahir sampai besar sebagai perempuan yang membawa identitas kultural tertentu.

"Pengalaman saya lahir di Arab Hadrami di Pekalongan. Apa yang saya rasakan dan dialogkan ketika keluar dari komunitas tersebut lalu berjarak secara geografis dengan komunitas tersebut," tutur Sakdiyah Ma'aruf saat jumpa pers virtual LIFEs 2021.

Penampilan dengan memakai embel kata 'dan lain-lain' itu juga membicarakan perjalanan hidup perempuan berubah status. Dari seorang anak menjadi manusia dewasa, pekerja profesional, menjadi istri, lalu seorang ibu.

"Identitas beragam yang disematkan pada diri kita mengandung banyak hal. Ini adalah bagian dari suara dan aspirasi saya, medium dialog yang saya pilih adalah komedi," katanya.

Selain nama komika Sakdiyah Ma'aruh, pembukaan LIFEs 2021 juga menggandeng empat sastrawan lainnya. Mereka adalah Andre Septiawan, Usman Arrumy, dan Sasti Gotama.

Tahun ini, LIFEs mengusung tema Arab Asyiq yang mengeksplorasi jejak kesusastraan Arab kepada Indonesia dan dunia. LIFEs 2021 dibuka pada 25 September dan berlangsung hingga 2 Oktober 2021.

Jika kamu ingin menonton dan berpartisipasi dalam seminar, sesi diskusi maupun ceramah inti LIFEs, bisa diintip lewat situs resmi Komunitas Salihara.



Simak Video "''Kisah-kisah Tanah Manusia'', Anekdot Lahan dan Insan dalam Pigura"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)