Misteri Pria yang Tinggal di Rumah Labirin Menangkan Anugerah Sastra

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 10 Sep 2021 12:05 WIB
Novelis Susanne Clark
Novelis Susanne Clarke memenangkan anugerah sastra Foto: Amazon/ Istimewa
Jakarta -

Karya fantasi dari pengarang asal Inggris Susanne Clark memenangkan anugerah sastra bergengsi di negaranya. Novel Piranesi itu merupakan karya yang ditunggu-tunggu setelah 17 tahun kesuksesan debut novelnya Jonathan Strange and Mr Norrell.

Piranesa mengisahkan tentang misteri seorang pria yang tinggal sendirian di sebuah rumah labirin. Ketua tim dewan juri, Bernardine Evaristo mengatakan novelis Susanne Clarke sukses memukau tim juri.

"Novel pertamanya terbit 17 tahun yang lalu, Susanne Clarke memberikan kita penerbangan fantasi yang benar-benar orisinal dan tak terduga," ungkapnya, dilansir dari BBC.

Menurutnya, Susanne Clarke mampu memadukan antara genre dan menantang prasangka tentang bagaimana seharusnya sebuah novel.

"Dia menciptakan dunia di luar imajinasi terliar kita yang juga memberi tahu kita sesuatu yang mendalam tentang apa artinya menjadi manusia," sambungnya.

Usai menerima penghargaan Bessie yang fokus memberikan penghormatan kepada penulis yang menulis dalam bahasa Inggris, ia pun jatuh sakit. Dia didiagnosis terkena sindrom kelelahan kronis.

Dalam kata sambutannya, ia mempersembahkan novel Piranesi kepada para pembaca yang pernah mengalami sakit berkepanjangan.

"Seperti yang kamu tahu, Piranesi diasuh, ditulis, dan dipublikasikan selama saya mengalami sakit yang panjang. Ini adalah buku yang tidak akan pernah saya pikirkan untuk ditulis," katanya.

Novelis Susanne ClarkNovelis Susanne Clark Foto: Amazon/ Istimewa

"Saya tidak pernah berpikir saya sehat untuk menuliskannya, jadi rasanya momen ini sangat luar biasa," sambung Susanne Clarke.

Dalam novel Piranesi, karakter pria itu tinggal sendirian di dalam rumah dengan labirin aula yang luas. Di dalamnya ada ribuan patung dengan gelombang tangga dan awan yang bergerak melalui kamar atas.

Novel yang bergaya eksperimental ini, digambarkan sebagai sebuah perjalanan panjang yang lengkap dan sempurna.

Sebelumnya, novel Susanne Clarke masuk daftar panjang anugerah Booker Prize. Karyanya pun dinobatkan sebagai buku terbaik versi Majalah TIME pada 2004.



Simak Video "Novel Baswedan Sebut Pemberantasan Korupsi Dimulai dari Penegak Hukum"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)