Vakum 26 Tahun, Mangaka Horor Jepang Ini Akhirnya Terbitkan Komik Baru

Tia Agnes - detikHot
Senin, 30 Agu 2021 15:25 WIB
Komikus Jepang Kazuo Umezu
Foto: Wikipedia
Jakarta -

Lama tak terdengar namanya, mangaka atau komikus asal Jepang, Kazuo Umezu akhirnya menerbitkan karya terbaru.

Komik terbaru yang ditulisnya itu bakal rilis setelah 26 tahun vakum tak berkarya. Karya pertamanya rencananya terbit pada Januari 2022.

Dilansir dari Anime News Network, Kazuo Umezu mengatakan proyek manga terbaru itu digarapnya selama 4 tahun belakangan.

"Ini adalah pekerjaan yang luar bisa dan ketika Anda membacanya pertama kali, Anda tidak akan melarikan diri," kata Kazuo Umezu.

Penerbit VIZ Media sebelumnya menerbitkan manga karangan sang komikus pada 2009 hingga 2008. Manga berjudul The Drifting Classroom itu juga terbit secara digital pada 2013.

Rilisan hardcover-nya The Drifting Classroom: The Perfect Edition baru diterbitkan selama setahun di 2019. Manga lainnya juga rilis setelah pengumuman vakum, yakni Makoto-chan, Cat Eyed Boy, Orochi, dan My Name is Shingo.

Pada 1995, Kazuo Umezu mengumumkan pensiun menggambar manga setelah menyelesaikan 14-sai.

September 2014, ia mulai debut menjadi sutradara dalam film otobiografi berjudul Mother yang dibuka di Jepang dan sukses besar-besaran.

Sejumlah penghargaan juga pernah diterimanya, salah satunya dari Badan Urusan Kebudayaan Jepang.

Lembaga itu menganugerahkan Kazuo Umezu dengan penghargaan Komisioner Urusan Kebudayaan pada Maret 2019. Dalam anugerahnya, dia disebut sebagai individu yang berhasil membuat prestasi luar biasa dalam kegiatan seni budaya.

Pria berusia 85 tahun itu disebut sebagai grandmaster manga horor Jepang. Dia menerbitkan manga pertamanya saat masih di sekolah menengah dan mulai bekerja secara profesional setelah lulus.

Debut manganya adalah Betsu-Sekai atau dalam bahasa Indonesia berarti Dunia Lain dan Mori-no Kyoudai atau Saudara dan Saudari di Hutan. Sepanjang kariernya, Kazuo Umezu membuat majalah komik dengan cerita horor yang disebut Kashi-hon tapi tidak untuk dijual.

Majalah itu bisa disewa oleh para pembaca setianya. Kazuo Umezu pun mengembangkan gaya horor manganya yang menjadi ciri khas pada 1962 ketika menetap di kota Tokyo, Jepang.

Karya-karya Umezu lainnya seperti Kuchi ga Mimi made Sake-ru Toki (Saat Mulut Meneteskan Air Mata), Hebi Shoujo (Gadis Ular), dan Hito-kobu Shoujo (Gadis yang Memiliki Manusia) adalah manga pertamanya yang membuat namanya tenar di bidang genre horor.



Simak Video "Kreator Sakit, Manga 'Jujutsu Kaisen' Dihentikan Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)