ADVERTISEMENT

Robin Sahabat Batman Biseksual, DC Comics Rilis Pernyataan Ini

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 15 Agu 2021 20:26 WIB
Batman: Urban Legend
(Foto: dok. DC Comics) Sampul komik Batman: Urband Legends.
Jakarta -

Beberapa hari lalu, komik Batman: Urban Legends menjadi pembicaraan pencinta DC. Volume keenam dari komik yang rilis bulan ini membongkar identitas dari Robin sahabat Batman yang biseksual.

Meski Tim Drake atau Robin diceritakan biseksual, namun pembaca setia komik DC masih menduga kalau cerita itu hanya penjelajahan seksualitasnya. Kini tim DC Comics pun merilis pernyataan tersebut.

Alex Jaffe dari website DC Comics menegaskan Tim Drake memang berkencan dengan laki-laki.

"Jika Anda adalah anggota komunitas queer DC, maka Anda sudah mengerti mengapa isu ini menjadi masalah besar. Faktanya, Anda mungkin sudah lama menunggu momen seperti ini. Tapi bagi yang belum tahu, izinkan saya menjelaskannya," katanya dilansir dari berbagai sumber.

Beberapa karakter dalam semesta DC memang direncanakan untuk menjadi biseksual maupun queer. Misalnya saja pada kode memakai kostum warna-warni untuk menyembunyikan identitas ganda dari dunia luar.

"Identitas itu mungkin dianggap terlalu memalukan bagi negara yang sebagian besar homofobia," ucapnya lagi.

Selama beberapa dekade, baik DC maupun perusahaan penerbitan lainnya mencoba untuk berhati-hati memunculkan identitas LGBTQ dalam komik mereka. Ketika tema itu bertahan, munculnya spekulasi tentang seksualitas Robin tak pernah berhenti.

Meski pun ada banyak Robin lainnya, lanjut dia, pembacaan tentang identitas Robin terus berkembang melalui ceritanya.

Contohnya persahabatan antara Dick Grayson dan Wally West, Jason Todd dan Roy Harper, Tim Drake dan Conner Kent, Stephanie Brown dan Cassandra Cain, sampai Damin Wayne dan Jon Kent.

"Sepanjang perjalanan kembali pada tahun 1940, Robin diciptakan dengan tujuan menjadi pembaca pengganti atau karakter yang pembaca dapat memproyeksikan diri mereka sendiri, memerangi kejahatan di atap di bawah sayap Batman yang penuh teka-teki," katanya.

Ada karakter Robin perempuan, Robin berkulit hitam, Robin kaya, dan Robin miskin. Kelanjutan mengenai perjalanan Robin lainnya juga bakal berlanjut di volume berikutnya dari komik Batman: Urban Legends.

(tia/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT