Om Hao Bagi Pengalaman Nyamar Cari 'Uang Gaib' demi Buku Kisah Tanah Jawa

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 04 Apr 2021 14:06 WIB
Kisah Tanah Jawa
Foto: Kisah Tanah Jawa (dok.GAGASMEDIA)
Jakarta -

Mengawali 2021, Kisah Tanah Jawa kembali berbagi pengalaman mistisnya di ajang Gramedia Writers and Readers Forum (GWRF) 2021. Apa saja yang dibagikan oleh konten kreator yang terkenal lewat YouTube dan buku-bukunya tersebut?

Salah satu tim Kisah Tanah Jawa, Om Hao, menuturkan demi menggarap proyek buku bersama tim penulis lainnya, butuh riset mendalam secara literatur.

"Dari awal, saya harus mendalaminya berdasarkan literatur dan saksi secara langsung, mencari buku-buku untuk dibaca untuk menguatkan tentang tema yang mau diangkat," tutur Om Hao saat sesi diskusi di ajang GWRF 2021, belum lama ini.

Untuk mendukung ceritanya, Om Hao mengaku harus mencari narasumber yang kredibel. Misalnya saja saat menggarap buku Unit Bank Gaib, bersama tim Kisah Tanah Jawa, mereka harus riset ke salah satu desa di kawasan timur Yogyakarta.

"Saya menyamar sebagai pencari uang gaib itu, karena saya harus bertanya ke juru kunci atau perantaranya. Saya harus melakukan kajian secara fisik," ungkap Pm Hao.

Secara metafisika, Om Hao juga wajib mengaudisi narasumber yang 'serba tak kelihatan' tersebut.

"Saya katakan, kalian punya cerita apa yang extra ordinary (yang tak biasa). Dari cerita itu saya kumpulkan dari jam 12 malam sampai jam 3 pagi. Saya interview makhluk-makhluk astral itu, ada yang mau digambarkan juga, ada yang tidak," lanjutnya.

"Ada juga yang mau digambar tapi nggak mau diceritakan. Kalau tidak mau dua-duanya ya tidak bisa dipaksakan. Biar ceritanya mengalir saja, baru dikembangkan alur cerita ke Mas Deli (penulis Kisah Tanah Jawa)" kata Om Hao.

Bahkan tak jarang, lanjut Om Hao, dari setiap penelusuran dan riset yang mendalam, tim Kisah Tanah Jawa harus menemukan benang merah dari hal itu semua.

"Ada logika metafisikanya juga dan persoalan sejarah yang ada. Secara waktu dan persiapannya untuk menggarap jadi konten buku sangat panjang sekali ya," tukas Om Hao.

Kisah Tanah Jawa merupakan sekelompok konten kreator yang melakukan penelusuran misteri dan horor ke berbagai tempat di Pulau Jawa. Awalnya, konten bermula di kanal YouTube mereka lalu beralih ke buku.

Dari buku pertama Kisah Tanah Jawa, berlanjut ke buku kedua yakni Jagat Lelembut, Bank Gaib, Pocong Gundul, Unit Gaib Darurat hingga Gua Jepang hingga Tikungan Maut.



Simak Video "Keliling Surabaya Bareng Om Hao 'Kisah Tanah Jawa' di Pulkam Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)