Penulis Buku Anak Beverly Cleary Meninggal di Usia 104 Tahun

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 28 Mar 2021 11:45 WIB
Beverly Cleary
Beverly Cleary, meninggal dunia di usia 104 tahun. / Foto: (dok. harpercollins/ penerbit)
Jakarta -

Penulis buku anak-anak terkenal Amerika Serikat, Beverly Cleary, meninggal dunia di usia 104 tahun. Ia tutup usia di kediaman pribadinya di Carmel, California, pada Kamis (25/3).

Kabar duka itu dibagikan penerbit HarperCollins lewat media sosial pribadi akhir pekan ini.

"Kami sedih membagikan kabar duka ini bahwa penulis buku anak-anak tersayang Beverly Cleary meninggal dunia kemarin pada 25 Maret di usia 104 tahun," cuit Harper Collins, seperti dilihat detikcom.

Beverly Cleary lahir di Oregon pada 12 April 1916 dan menghabiskan masa kecil tinggal di kawasan pertanian. Ketika akhirnya keluarganya pindah ke Portland, Oregon, ada seorang pustakawan yang mendorong Beverly muda untuk menulis buku cerita anak.

Nasihat itu membuatnya kuliah di berbagai universitas jurusan sastra dan belajar menjadi pustakawan.

Saat remaja, tulisannya mulai menarik perhatian para guru di sekolah menengah atas. Guru bahasa Inggris memilih karyanya untuk pujian terbaik. Ceritanya saat itu sangat humoris dan ia sudah menunjukkan bakat di bidang tulis menulis.

Buku-buku Beverly Clearly terjual lebih dari 90 juta eksemplar dan sukses diterjemahkan ke dalam 29 bahasa yang berbeda.

Pada 1950, ia pernah menerbitkan buku berjudul Henry Huggins. Dalam buku itu, tokoh utama diceritakan adalah orang yang penuh semangat dan punya mimpi yang besar.

Menurut Harper Collins, buku anak yang ditulis Cleary menetapkan standar fiksi yang realistis bukan surealis seperti genre tersebut. Ia tak mau memasukkan cerita yang sama sekali tidak realistis ketika menulis.

"Generasi anak-anak di masa Beverly Clearly menulis adalah generasi yang beruntung karena menciptakan karakter yang real dan benar ada di dunia nyata. Ada Henry Huggins, Ramona, Beezus Quimby, dan Ralph S Mouse sebagai teman sejati mereka selama masa kecil sampai remaja," ungkap Presiden Buku Anak HarperCollins, Suzanne Murphy.

Penerbit juga mengungkapkan gara-gara buku anak yang ditulisnya, pembaca senang dengan penggambaran yang jujur dan simpatik terhadap keluarga-keluarga Amerika.

Sepanjang kariernya, ia pernah menerima Medali Seni Nasional di tahun 2003. Kongres Perpustakaan Amerika juga menamainya sosoknya sebagai legenda hidup pada 2000 atau 50 tahun setelah menerbitkan buku pertamanya tersebut.



Simak Video "Beverly Cleary, Penulis Buku Anak-anak Amerika Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)