Edisi Terbaru Novel The Lord of the Rings Terbit Lagi Setelah 71 Tahun

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 26 Mar 2021 10:20 WIB
Edisi Novel Terbaru JRR Tolkien
Foto: AP/ Istimewa
Jakarta -

Edisi terbaru dari novel trilogi The Lord of the Rings karya JRR Tolkien bakal terbit lagi setelah rilis perdana di pertengahan dekade 1950-an.

Tapi edisi terbaru yang rencananya rilis pada 19 Oktober 2021 bakal lebih lengkap. Ada lukisan, sketsa, dan ilustrasi-ilustrasi lainnya yang belum pernah dipublikasikan oleh penulis JRR Tolkien.

Penerbit Houghton Mifflin Harcourt Books & Media mengumumkan kabar bahagia tersebut.

Dilansir dari Associated Press, Jumat (26/3/2021), wakil presiden penerbit Houghton Mifflin Harcourt, Deb Brody, mengatakan JRR Tolkien dikenal karena ilustrasi yang fenomenal di The Hobbit.

"Karya seninya yang dibuat untuk The Lord of the Rings telah dipamerkan pada 2018 di New York, Paris, dan Oxford, Inggris," katanya.

Sosok JRR Tolkien yang sangat sederhana itu juga menjadi perhatian khusus bagi penerbit. Selama ini, JRR Tolkien tampak meremehkan bakat artistiknya yang jelas dan langka meski ia tidak menjalani pelatihan seni rupa secara formal.

"Kerendahan hatinya hanya sedikit dimiliki oleh penulis dunia," kata Deb Brody.

Selama hidupnya, JRR Tolkien pun tidak banyak memamerkan ilustrasi dan karya seni yang dibuat untuk novel-novelnya kepada publik.

"Ia cenderung menyembunyikannya dan umumnya hanya diketahui setelah ia meninggal dunia karena diperlihatkan oleh anak-anaknya," lanjutnya.

Edisi terbaru novel trilogi The Lord of the Rings yang mencakup The Fellowship of the Ring, The Two Towers, dan The Return of the King menjadi novel fantasi terlaris dalam sejarah industri sastra.

Novel-novel JRR Tolkien pun sukses diadaptasi menjadi trilogi film blockbuster yang disutradarai oleh Peter Jackson.

Sebelumnya juga ada kabar mengenai tulisan esai JRR Tolkien yang membahas mengenai Middle-earth dan bakal rilis pada Juni 2021.

Kumpulan tulisan dalam buku berjudul The Nature of Middle-earth mengisahkan tentang kehidupan abadi peri, reinkarnasi peri, geografi Gondor, dan ras mana saja yang dapat menumbuhkan jenggot.

Tulisan juga menjelajahi dunia Middle-earth yang sebelumnya belum pernah diungkap oleh JRR Tolkien. Dilansir dari Guardian, Jumat (20/11/2020), penerbit HarperCollins menjanjikan buku JRR Tolkien terbaru akan membawa kembali pembaca bernostalgia kepada semesta Lord of the Rings.



Simak Video "Disutradarai Kenji Kamiyama, Film Anime 'Lord of the Rings' Akan Digarap"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)