Kaiju Nomor 8 Jadi Manga Tercepat yang Laku hingga 1 Juta Eksemplar

Tia Agnes - detikHot
Senin, 08 Mar 2021 09:36 WIB
Manga Kaiju Nomor 8
Kaiju Nomor 8 sedang hangat dibicarakan di industri manga Jepang Foto: VIZ Media
Jakarta -

Industri manga Jepang mengalami perkembangan yang cepat saat pandemi COVID-19. Salah satu manga yang tengah dibicarakan kali ini adalah Kaiju Nomor 8 karya mangaka (komikus) Naoya Matsumoto.

Manga Kaiju Nomor 8 sukses terjual satu juta eksemplar di versi cetak sejak rilis volume kompilasi kedua pekan lalu. Serial yang diterbitkan oleh Shonen Jump+ melampaui tonggak sejarah versi penerbit.

Dilansir dari Anime News Network, Senin (8/3/2021), ketika manga Kaiju Nomor 8 rilis langsung menjadi tren di linimasa Twitter Jepang. Padahal usia manga tersebut masih terbilang baru.

"Sejak perilisannya, Kaiju Nomor 8 menjadi manga tercepat yang pernah mencapai tonggak sejarah di layanan Shonen Jump+," tulis keterangan Shonen Jump.

Naoya Matsumoto meluncurkan manga pada Juli 2020 di situs Shonen Jump+ Shueisha. Buku volume cetakan pertama dicetak pada 4 Desember 2020 dan dua cetakan lainnya pun terbit.

Perusahaan VIZ Media melisensikan manga tersebut secara digital dan merilisnya dalam bahasa Inggris tahun ini. Penerbit pun mendeskripsikan tentang cerita dari manganya.

"Seorang pria melakukan pekerjaan yang jauh dari impian masa kecilnya terjebak dalam situasi yang tidak terduga. Menjadi monster," tulis keterangan VIZ Media.

Dalam manga, latar ceritanya adalah dunia yang diserang oleh Kaiju atau monster khas dari Jepang. Dua orang anak, Kafka Hibino, dan Mina Ashiro, kehilangan kota mereka dan bersumpah untuk bergabung pada pasukan pertahanan.

Mina pun menjadi pahlawan nasional berkat jasanya melawan Kaiju. Sementara Kafka yang kini berusia 33 tahun gagal lolos seleksi dan hanya menjadi kru pembersih bangkai Kaiju.

Kisah tak berhenti sampai di situ saja. Suatu hari, Kafka yang sedang membersihkan Kaiju terinfeksi oleh salah satu sel Kaiju dan mampu mengubah dirinya menjadi monster Kaiju.

Meski ia menggunakan wujud barunya untuk melindungi warga sipil, tapi Kafka diburu oleh pasukan pertahanan. Ternyata, bukan hanya Kafka saja yang punya kekuataan Kaiju tapi banyak orang lainnya.

Serial Kaiju No 8 atau judul dalam bahasa Inggris Monster #8 juga dinominasikan untuk penghargaan Manga Taisho yang ke-14.



Simak Video "Masashi Kishimoto Ambil Alih Manga Boruto"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)