Seluk Beluk Analisis Map of the Soul 7 Akhirnya Terbit di Indonesia

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 27 Feb 2021 16:40 WIB
map of the soul 7
Sampul Map of The Soul 7 / Foto: (dok.ist)
Jakarta -

Grup idol BTS punya jutaan fans di seluruh dunia. Lagu-lagunya pun menginspirasi siapa pun untuk membuat karya lainnya, salah satunya adalah penulis Murray Stein.

Penulis yang juga seorang psikolog itu menerbitkan buku hasil analisisnya tentang album Map of the Soul 7. Buku yang kini terbit di Indonesia oleh penerbit Haru itu berjudul Map of the Soul 7: Persona, Shadow, & Ego in the World of BTS.

Setelah ramai dibicarakan di kalangan ARMY awal 2020, buku yang berisi analisis lagu-lagu dalam album Map of the Soul 7 itu dianalisis melalui pendekatan psikoanalisis Carl Gustav Jung.

Dalam keterangan yang diterima detikcom, Penerbit Haru menulis buku Murray Stein itu digarap bersama dua penulis lainnya yakni Steven Buser dan Leonard Cruz.

"Murray Stein mengupas tuntas makna tersembunyi dari lagu-lagu BTS yang berkaitan dengan masalah kehidupan," tulisnya.

Secara khusus, Murray Stein mendedikasikan buku ini kepada para personel BTS dan ARMY. Menurutnya, lewat BTS dan ARMY gagasan Jungian diperkenalkan kepada generasi baru.

Salah satu analisis Murray Stein yang ditulis dalam buku tersebut adalah lagu Black Swan yang seolah menjadi tanda kemunculan pandemi COVID-19.

Black Swan atau Angsa Hitam adalah istilah anomali yang secara umum merujuk pada peristiwa mengerikan yang tak terduga melanda manusia entah dari mana asalnya. Manusia pun diselimuti oleh bayang-bayang kehancuran.

Murray Stein menuliskan dalam kata pengantar di versi terjemahan bahasa Indonesia, sangat sesuai dan tepat waktu jika pandangan baru tentang pendekatan psikologi saat inni digaungkan oleh grup K-Pop, BTS.

"BTS mampu menjangkau para pembaca lebih luas lagi," ucap Murray Stein.

Buku analisis teori BTS yang diterbitkan Penerbit Haru segera dibuka sistem prapesan pada 3 Maret 2021 dan tersedia di toko buku Tanah Air dalam waktu dekat.



Simak Video "BTS Lelang Outfits di MV 'Life Goes On' "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)