Hak Cipta The Great Gatsby Bisa Diakses Publik, Prekuelnya Kini Terbit

Tia Agnes - detikHot
Senin, 22 Feb 2021 16:10 WIB
Novel Klasik The Great Gatsby
Prekuel novel The Great Gatsby terbit tahun ini. Foto: Istimewa
Jakarta -

Mulai 1 Januari 2021, perlindungan hak cipta bagi novel The Great Gatsby bisa diakses bebas dan menjadi milik publik. Penulis lainnya satu per satu menulis prekuel dari cerita klasik yang perdana rilis di tahun 1925 tersebut.

Ada Ron Charles yang menulis prekuel The Great Gatsby karangan F Scott Fitzgerald sebelum Nick Carraway pindah ke New York.

Michael Farris Smith juga sejak beberapa tahun lalu mengumumkan menulis prekuel The Great Gatsby. Kini tepat tahun ini ia bakal menerbitkannya tanpa terbebani batasan hukum.

Dia menulis cerita fokus pada karakter fiksi Nick Carraway yang juga menjadi narator dalam versi film. Cerita tentang tahun-tahun menjelang kepindahan Nick Carraway ke Long Island.

Novelnya dibuka dengan latar Prancis selama Perang Dunia pertama. Bertentangan dengan nasihat ayahnya, Nick Carraway menjauh dari rutinitas yang membosankan di midwest.

Nick mendapati dirinya berada dalam kengerian perang. Smith pun bisa mendapatkan dirinya dalam gaya prosa yang khas seperti Fitzgerald.

Dimulai dari kondisi perang di Paris yang berkabut sampai ke seberang pelabuhan di perkebunan Long Island.

"Kedua tempat itu adalah lokasi yang penuh misteri dan wahyu, berada di antara mereka dengan latar medan perang Dunia I menjadi cerita yang menarik untuk dituliskan kembali," tulis pernyataan penerbit.

Novelis yang juga menulis Blackwood dan The Fighter juga mengatakan ia selalu tertarik pada karakter Nick Carraway.

"Nick Carraway selalu dalam imajinasi saya dan di novel The Great Gatsby hanya sedikit terungkap tentang dirinya. Saya tidak bisa untuk tidak menuliskan tentang dirinya. Saya tahu cara satu-satunya adalah mengeluarkan karakternya dengan menaruhnya di halaman," katanya.

Selama beberapa dekade, karakter Jay Gatsby, Daisy Buchanan, dan karakter lainnya menjadi sosok rekaan yang disukai oleh jutaan pembaca.

Novel The Great Gatsby rilis perdana pada 1925. Ketika Fitzgerald meninggal pada 1940, lebih dari 25 ribu eksemplar terjual dan di seluruh dunia penjualannya mencapai 30 juta kopi.



Simak Video "Rayakan Ultah ke-17, Amel Carla Pilih Tema The Great Gatsby"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)