Komik Hulk Dituduh Antisemit, Marvel Minta Maaf pada Publik

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 10 Feb 2021 18:02 WIB
Komik Immortal Hulk yang Dituduh Antisemit
Lambang Yahudi yang menjadi permasalahan dalam komik seri Immortal Hulk terbitan Marvel Comics Foto: Marvel Comics/ Istimewa
Jakarta -

Marvel Comics kembali memicu kontroversi. Salah satu halaman seri komik Immortal Hulk yang terbit pekan lalu menjadi perbincangan netizen karena tuduhan antisemit atau kebencian terhadap bangsa Yahudi.

Dalam salah satu gambar di komik Immortal Hulk, komikus Joe Bennet tanpa sengaja menggambarkan salah satu karakter yang mendatangi toko perhiasan dengan lambang Yahudi di bagian jendela.

Setelah kecaman yang didapatkan Marvel lewat komiknya tersebut, akhirnya pihak Marvel Comics pun meminta maaf.

"Kami mengakui adanya kesalahan yang terlewatkan oleh pihak kami juga," tulis keterangan Marvel, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (10/2/2021).

Setelah mengaku kesalahannya, Marvel juga sudah menghapus lambang Bintang Daud yang ada di jendela gambar tersebut. Lambangnya sekarang tidak ada dari jendela toko di edisi digital dan segera mencetak ulang komik seri tersebut.

"Siapa pun (entah pihak toko) bisa mengembalikan edisi yang salah tersebut untuk diganti, jika mereka mau," sambung Marvel.

Tapi tampaknya sebagian toko pengecer komik di Amerika Serikat dan pencinta Marvel akan mempertahankan edisi yang salah itu dan menjadikannya sebagai edisi kolektor.

Di salah satu panel komik menampilkan karakter Joe Fixit yang mengendalikan tubuh Bruce Banner masuk ke dalam toko perhiasan.

Nama toko tersebut adalah Cronemberg Jewery dan terlihat terbalik di salah satu jendela. Di atasnya pun terdapat lambang Bintang Daud yang menjadi simbol jati diri bangsa dan agama Yahudi.

Gara-gara satu buah kesalahan di halaman komik itu, Marvel mendapatkan kecaman publik selama satu minggu belakangan. Sang komikus pun akhirnya mengakui kesalahan tersebut.

"Saya gagal memahami stereotip yang mengganggu dan menyinggung ini. Tapi setelah membaca semua komentar Anda semua, saya sekarang memahami kesalahan saya. Ini salah, menyinggung, dan menyakitkan dalam banyak hal," tukasnya.



Simak Video "Kenalkan Ario Anindito, Komikus Marvel Asli Bandung!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)