Duh! Komik Hulk Dikecam Netizen, Dituduh Antisemit

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 10 Feb 2021 16:50 WIB
Komik Marvel The Immortal Hulk
Komik Immortal Hulk yang diterbitkan Marvel Comics Foto: Marvel Comics/ Istimewa
Jakarta -

Marvel Comics kembali membuat kontroversi dalam salah satu terbitan komiknya. Gambar dalam salah satu panel diduga mengandung kata kiasan antisemit (kebencian terhadap bangsa Yahudi) dalam komik terbaru seri Immortal Hulk.

Komik yang terbit pekan lalu itu dikritik pembaca di jagat maya. Salah satu panel komik menampilkan karakter Joe Fixit yang mengendalikan tubuh Bruce Banner masuk ke dalam toko perhiasan.

Nama toko tersebut adalah Cronemberg Jewery dan terlihat terbalik di salah satu jendela. Di atasnya pun terdapat lambang Bintang Daud yang menjadi simbol jati diri bangsa dan agama Yahudi.

Situs ComicsXF mengatakan gambar itu menimbulkan interpretasi yang menjadi permainan visual dari kiasan antisemit orang Yahudi yang menjalankan bisnis berlian.

"Ini menggambarkan arti antisemit yang sangat terbuka," tulis keterangan dalam situs tersebut, seperti dilansir detikcom, Rabu (10/2/2021).

Komikus Joe Bennett yang bertanggung jawab menggambar komik tersebut akhirnya meminta maaf di akun Facebook. Ia berkilah memasukkan referensi yang salah ke dalam salah satu komiknya.

Ia juga menegaskan ada kesalahan ejaan nama toko perhiasaan tersebut.

"Itu adalah kesalahan yang jujur tapi mengerikan," tegasnya.

"Saya gagal memahami stereotip yang mengganggu dan menyinggung ini. Tapi setelah membaca semua komentar Anda semua, saya sekarang memahami kesalahan saya. Ini salah, menyinggung, dan menyakitkan dalam banyak hal," sambungnya.

Komik Immortal Hulk yang Dituduh AntisemitHalaman komik Immortal Hulk yang dituduh antisemit Foto: Marvel Comics/ Istimewa

Dia pun meminta maaf kepada semua pihak yang merasa tersakiti dengan kata kiasan dan kesalahan ejaan tersebut. "Saya bekerja dengan Marvel untuk memperbaiki ini dan menggunakan kasus ini untuk lebih baik lagi ke depannya," katanya.

Marvel Comics pun mengakui kesalahannya dan menghapus ilustrasi dalam salah satu bagian halaman komik Immortal Hulk.

Tak hanya gambar yang berada di edisi cetak saja yang dihapus, tapi juga terbitan dalam bentuk digital dari edisi seri komik Immortal Hulk.



Simak Video "Kenalkan Ario Anindito, Komikus Marvel Asli Bandung!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)