Belajar Ikigai Lewat Buku You Do You Karya Fellexandro Ruby

Tia Agnes - detikHot
Senin, 21 Des 2020 14:58 WIB
Buku You Do You Karya Fellexanro Ruby
GPU dan Pear Press rilis buku You Do You karya Fellexandro Ruby Foto: GPU, Pear Press/ Istimewa
Jakarta -

Konsep ikigai dalam budaya Jepang kini semakin menjamur. Ikigai diyakini sebagai salah satu cara untuk belajar bahagia menurut budaya Jepang.

Kata iki berarti kehidupan dan gai adalah nilai. Konsep ikigai dituliskan oleh Fellexandro Ruby dalam buku yang berjudul You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self-Awareness yang rilis virtual akhir pekan ini.

Lewat buku tersebut, Ruby yang selama 10 tahun belakangan mencoba berbagai profesi itu membagikan pengalamannya mengenai self-awareness dan ikigai.

"Di buku ini, saya ingin membantu banyak orang merefleksikan diri, melihat ke dalam, mengurai situasi, dan bisa menemukan sendiri jawaban saat bertemu dengan persimpangan dalam hidup mereka," kata Ruby.

Selama satu dekade, Ruby menghabiskan waktu dengan bereksperimen dengan 9 macam peran profesi yang berbeda. Di antaranya menjadi seorang sales, petugas lelang, operator alat berat, travel blogger, food photographer, penyanyi, sosial media manager, product manager di sebuah startup teknologi sampai pengusaha.

Kini Ruby menjadi pengusaha untuk memulai Wanderbites & Co, agensi digital pembuatan konten kreatif.

Buku You Do You Karya Fellexanro RubyBuku You Do You Karya Fellexandro Ruby Foto: GPU, Pear Press/ Istimewa

Setelah menjalani berbagai peran profesi tersebut, Ruby menemukan ikigai-nya untuk akhirnya belajar, berkarya, dan berbagi melalui platform edukasi negeri Pembelajar.

Menurut Ruby, konsep ikigai bukan hanya soal apa yang mau kita lakukan dalam hidup.

"Tapi itu juga soal mau menjadi siapa, mau menjadi manusia seperti apa. Ikigai tidak harus menjadi konsep yang kompleks seperti tujuan hidup, tapi ikigai bisa juga kebahagiaan-kebahagiaan kecil dalam jangka panjang," lanjutnya.

Buku You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self Awareness segera ada di toko buku pada 23 Desember 2020.

Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) dan Pear Press menyatakan buku ini bisa menjadi panduan untuk mengetahui apa yang kita kuasai, siapa diri kita sebenarnya, dan apa yang dibutuhkan.



Simak Video "Kesan dan Pesan Raffi Ahmad Jalani Vaksinasi COVID-19 Tahap II"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)