Si Juki Bertualang Bareng SpongeBob SquarePants, Kok Bisa?

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 11 Des 2020 14:26 WIB
Jumpa Pers Komik Si Juki x SpongeBob SquarePants
Jumpa pers kolaborasi komik Si Juki x SpongeBob SquarePants Foto: Screenshot jumpa pers/ Istimewa
Jakarta -

Setelah menjelajahi berbagai tempat, Si Juki yang merupakan karakter lokal Indonesia karya Faza Meonk kini bertualang dengan SpongeBob SquarePants dari Nickelodeon. Kok bisa?

Salah satu karakter lokal Tanah Air itu bertemu dengan si sponge kuning dalam seri buku cerita yang dibuat spesial di penghujung 2020. Seri buku Si Juki x SpongeBob diluncurkan mulai hari ini secara online dengan jumlah terbatas.

Kreator dan komikus Si Juki, Faza Meonk, menuturkan sejak kecil ia sudah menyukai candaan yang dilontarkan SpongeBob Cs dalam tayangan kartun. Karakter Si Juki yang dibuatnya pun terinspirasi dari SpongeBob.

"Pengaruh SpongeBob dalam kekaryaan saya cukup kuat, karena memang saya suka SpongeBob dan terpengaruh ingin membuat karakter atau animasi yang bisa dinikmati semua umur," ungkap Faza Meonk saat jumpa pers virtual, Jumat (11/12/2020).

Jumpa Pers Komik Si Juki x SpongeBob SquarePantsJumpa Pers Komik Si Juki x SpongeBob SquarePants Foto: Screenshot jumpa pers/ Istimewa

Sejak awal kolaborasi, Faza Meonk sudah banyak mengobrol dengan agensi pemenang lisensi Nickelodeon di Indonesia. Dari obrolan itu, rencana pengembangan dalam lima judul seri komik dan merchandise pun terlaksana.

Sepanjang prosesnya, Faza Meonk juga mengaku proses menggambarnya pun menyenangkan. Ia sukses menggabungkan karakter Si Juki yang banyak bercerita di darat dan SpongeBob SquarePants di lautan menjadi bertemu dan bertualang.

"Benang merahnya ada di bukunya, cara mereka bisa ketemu. Ada dalam satu scene atau adegan yang awalnya bingung. Tapi melalui proses kreatif, akhirnya bisa menemukan kayaknya caranya gini deh mereka bisa bertemu," katanya.

Kelima judul buku komik yang terbit hari ini di antaranya adalah Petualangan Impian, Dunia Prasejarah, Makan Besar, Balap Bajaj, dan Petualangan di Laut.

Jumpa Pers Komik Si Juki x SpongeBob SquarePantsJumpa Pers Komik Si Juki x SpongeBob SquarePants Foto: Screenshot jumpa pers/ Istimewa

Peluncuran buku komik Si Juki x SpongeBob SquarePants diluncurkan pukul 14.00 WIB di YouTube Si Juki dan marketplace yang ditetapkan. Komikus Faza Meonk menerbitkan karakter Si Juki di lebih dari 25 judul komik. Pada 2017, Si Juki diadaptasi menjadi film panjang animasi dua dimensi berjudul Si Juki The Movie.

Pada 2014, Faza mendirikan PIONICON, perusahaan pionir dan terkemuka penyedia konten berbasis karakter di Indonesia. Di luar komik Si Juki, Faza juga memproduksi banyak animasi dan komik, serta melahirkan 47 komik terlaris hingga saat ini.



Simak Video "Serial 'Si Juki Anak Kosan' Bakal Tayang di Disney+ Hotstar"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)