Pelopor Manga Khusus Pembaca Perempuan Meninggal di Usia 91 Tahun

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 08 Des 2020 08:52 WIB
Pelopor manga khusus pembaca perempuan Eiko Hanamura meninggal di usia 91 tahun
Komikus Jepang Eiko Hanamura meninggal di usia 91 tahun Foto: Istimewa
Jakarta -

Asosiasi Kartunis Jepang mengumumkan kabar duka atas meninggalnya komikus Eiko Hanamura di usia 91 tahun. Ia dikenal sebagai pelopor manga shojo atau komik yang terbit khusus untuk pembaca remaja perempuan antara usia 10 sampai 18 tahun.

Dilansir dari NHK, Selasa (8/12/2020), Eiko Hanamura meninggal karena penyakit yang sudah diidapnya sejak lama, meski Asosiasi Kartunis Jepang tiak menyebutkan mengenai nama penyakitnya.

NHK melaporkan sang komikus meninggal di kediaman pribadinya karena sindrom disfungsi organ ganda. Dalam sejarah industri manga di Jepang, Eiko Hanamura disebut sebagai pelopor manga shojo dan manga untuk pembaca perempuan yang lebih tua.

Lahir di Prefektur Saitama, Jepang, ia memulai debutnya sebagai seorang komikus di 1959. Lewat manga berjudul Murasaki no Yosei atau artinya Peri Ungu, ia menyebarkan cerita yang menarik bagi pembaca perempuan.

Pada 1968, ia menggambar Kiri no Naka no Shojo (The Girl in the Fog) yang diadaptasi menjadi serial live-action Katei no Himitsu di 1975 yang tak kalah populer.

Dari situ, Eiko Hanamura menulis banyak judul manga lainnya termasuk Hanakage no Hito (A Woman in the Shadow of Flowers), Hanabira no To (A Steeple of Flower Petals), dan adaptasi manga dari Genji Monogatari (The Tale of Genji).

Pada 1989, ia juga memenangkan penghargaan bergengsi bernama Nihon Mangaka Kyokaisho dari Asosiasi Artis Manga Jepang yang ke-18.

Sepanjang sejarah industri manga, ia menjadi seniman yang produktif dan sukses menulis banyak serial dan manga one-shot (pendek) lainnya. Ia juga telah menyumbangkan ilustrasi baru untuk berbagai proyek.

Eiko Hanamura juga menjadi direktur Asosiasi Kartunis Jepang dan anggota tetap di organisasi Société Prancis Nationale des Beaux-Arts di Museum Louvre, Paris.



Simak Video "Masashi Kishimoto Ambil Alih Manga Boruto"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)