Hiks... Wabah Corona Libas Komik Marvel

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 26 Nov 2020 17:03 WIB
Komik Marvel Valkyrie
Foto: Istimewa
Jakarta -

Marvel Comics membuat keputusan sulit di tengah pandemi COVID-19. Industri komik raksasa terbesar di dunia yang bersanding dengan DC itu membatalkan penerbitan 25 seri komik, ada apa?

Saat industri komik tengah berjuang di pandemi virus Corona yang sedang mewabah, jadwal penerbitan menjadi kacau. Ada juga komik yang sebelumnya sudah direncanakan terbit tapi harus kehilangan kabar perilisannya.

Awalnya, ke-25 seri komik itu bakal terbit awal tahun ini tapi ditunda sampai akhir tahun 2020. Kini, para pembaca komik berada di akhir tahun 2020.

Sejumlah komik dipastikan batal terbit termasuk seri Morbius dan Valkyrie Janes Foster. Serta komik Star Wars: Rise of a Skywalker Adaptation.

Dilansir dari Comicbook, Kamis (26/11/2020), Marvel Comics telah merilis judul yang bakal terbit sampai Februari 2021. Salah satu yang menarik adalah komik King in Black.

Komik-komik yang batal rilis di antaranya adalah seri Ironheart, Amazing Spider-Man, Black Cat, Dr Strange, Ghost Rider, Morbius, Robert E Howards Dark Agnes, Scream Curse of Carnage, Silver Surfer Black Directors, Valkyrie Jane Foster sampai X-Men Dawn of Saga.

Berita soal pembatalan puluhan seri komik sebenarnya sudah terbongkar sejak Mei 2020. Dalam keterangan tertulis, Marvel Comics mengatakan pandemi membuat sejumlah judul terpaksa dibatalkan untuk rilis.

"Kami melaporkan ada beberapa seri komik atau mini seri yang terbitnya secara digital," tulis keterangan Marvel Comics pada Mei lalu.

Di antaranya adalah komik Amazing Mary Jane, 2020 Force Works, Revenge of the Cosmic Ghost Rider, dan Scream: Curse of Carnage. Termasuk komik Valkyrie: Jane Foster.

Komik-komik ini akan tersedia dalam bentuk digital untuk saat ini.

Industri komik jadi salah satu yang terkena dampak besar karena COVID-19. Sebelumnya, Marvel maupun DC memutuskan untuk tidak menerbitkan komik cetak karena mengalami kerugian akibat pandemi.



Simak Video "Kenalkan Ario Anindito, Komikus Marvel Asli Bandung!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)