Natalie Portman Ubah 3 Cerita Dongeng Anak Jadi Versi Perempuan

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 23 Okt 2020 14:26 WIB
Natalie Portman Tulis Buku Dongeng Anak
Natalie Portman tulis dongeng fabel untuk anak-anak Foto: Istimewa
Jakarta -

Selain aktif berakting, aktris Natalie Portman juga menulis buku anak-anak. Bintang film Thor itu menulis buku dongeng fabel dengan sentuhan lebih inklusif soal gender.

Lewat buku berjudul Natalie Portman's Fables, ia menggarap proyek terbarunya. Natalie Portman mengubah cerita klasik anak-anak menjadi lebih condong ke sudut pandang perempuan.

Tiga cerita anak-anak tersebut adalah Kura-kura dan Kelinci, Tiga Babi Kecil, dan Tikus Desa serta Tikus Kota. Dilansir dari AP, ia membuat versi yang lebih modern.

"Saya membuat sudut pandang cerita kura-kura yang gigih dan percaya diri melampaui kelinci lainnya. Dia adalah seekor kelinci betina. Itu seperti pesan untuk diriku sendiri," tuturnya, Jumat (23/10/2020).

Menurut Natalie Portman, buku anak-anak punya tempat yang istimewa di keluarganya. Setiap buku anak yang dibeli pastinya akan dibaca berulang kali setiap malam, tidak seperti buku bergenre dewasa lainnya.

"Buku dongeng anak itu punya cara untuk menanamkan informasi dan nilai-nilai kepada anak-anak dan orang tua," sambungnya.

"Ketika saya membaca buku anak-anak, saya selalu dikejutkan bagaimana cerita klasik punya banyak karakter laki-laki, lalu saya berpikir, 'Apa yang saya ceritakan kepada anak-anak saya, baik putra maupun putri saya-tentang kisah siapa yang penting diceritakan'?" ungkap bintang berusia 39 tahun itu.

Meski ia sedikit mengubah sudut pandang dalam bukunya, Natalie Portman mengatakan ia hanya ingin memperbarui cerita sesuai budaya kontemporer.

"Cerita yang banyak gender dan bukan hanya didominasi oleh laki-laki," kata Natalie Portman.

Dalam buku dongeng versi terbarunya, ia juga menekankan sisi empati, kebaikan, kepedulian terhadap bumi, dan bukunya seperti catatan cinta.

Pemenang Oscar itu punya seorang putra berusia 9 tahun dan putrinya yang kini menginjak umur 3 tahun. Buku dongeng anak yang ditulisnya diselesaikan di masa pandemi COVID-19.



Simak Video "Bikin Buku Catatan Lucu Berbahan Kulit Nabati"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)