Jerome Polin Raih Penghargaan IKAPI Sebagai Penulis Pendatang Baru

Tia Agnes - detikHot
Senin, 28 Sep 2020 13:39 WIB
jerome polin
Jerome Polin Sijabat raih penghargaan IKAPI di ajang Indonesia International Book Fair 2020 Foto: Instagram @jeromepolin
Jakarta -

YouTuber Jerome Polin Sijabat yang juga penulis buku Mantappu Jiwa meraih penghargaan IKAPI atau IKAPI Awards 2020. Namanya masuk dalam kategori rookie of the year atau penulis pendatang terbaru terbaik tahun ini.

Saat pengumuman IKAPI Awards tadi pagi, karya perdana dari pria berusia 22 tahun itu terbilang fenomenal. Pada Agustus 2019, buku Mantappu Jiwa yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU) terjual lebih dari 50 ribu eksemplar.

"Bukunya berisi latihan soal Matematika yang dipadukan dengan kisah perjuangan hidup sang penulis. Bukunya juga disampaikan dengan bahasa populer dan tidak hanya digemari oleh kalangan muda saja," ucap pembawa acara IKAPI Awards secara virtual seperti dilihat detikcom, Senin (28/9/2020).

Jerome Polin yang kini masih kuliah di Jepang itu tak menyangka karya buku perdananya bisa diapresiasi positif sampai mendapatkan penghargaan.

Ia mengenang momen ketika editor GPU menghubungi via DM, dengan pertanyaan yang langsung menohok. "Jer, mau nulis buku atau nggak?", ucap Jerome Polin menirukan perkataan editornya, kala itu.

"Saya yang bukan penulis, benar-benar kaget. Nggak nyangka akan menjadi penulis. Awal tahun 2019, saya memulai proses menulis buku Mantappu Jiwa di tengah perkuliahan di Jepang, dan Agustus 2019 karyanya lahir," kata Jerome Polin, dalam sambutannya.

Saat buku Mantappu Jiwa dibuka sistem pre-order, Jerome Polin kembali pesimis. Ia tidak tahu kalau bukunya bisa terjual habis 1.000 eksemplar dalam waktu kurang dari 5 menit.

Jerome Polin Sijabat, penulis buku Mantappu JiwaJerome Polin Sijabat, penulis buku Mantappu Jiwa, saat memberikan sambutan di IKAPI Awards 2020 Foto: Tia Agnes/detikHOT

"Saya bukan penulis yang mampu menulis kata-kata indah dan sastra yang tinggi. Saya cuma pemula yang mau menuangkan kisah hidup saya. Jadi ini memang berkat banyak orang," tutur Jerome Polin.

Anugerah IKAPI Awards, diakui Jerome Polin sebagai bonus dari proses pengembangan diri yang dijalaninya selama ini.

"Kiranya semangat pengembangan diri selalu ada di diri kita masing-masing," tukasnya.

Jerome Polin Sijabat dikenal sebagai YouTuber yang kerap mengisahkan kehidupan sehari-hari dan budaya saat kuliah di Jepang. Buku Mantappu Jiwa berisi catatan-catatan Jerome yang gigih memperjuangkan pendidikan sampai mendapat beasiswa penuh program sarjana Mitsui Bussan di Waseda University, Jepang.

Buku ini juga menyelipkan soal-soal Matematika yang bisa dikerjakan pembacanya. Selama sebulan rilis, bukunya sudah terjual sebanyak 20 ribu eksemplar.

Pembukaan Indonesia International Book Fair (IIBF) 2020 Edisi VirtualPembukaan Indonesia International Book Fair (IIBF) 2020 Edisi Virtual Foto: Tia Agnes/detikHOT

Selain Jerome Polin Sijabat yang meraih Rookie of the Year, pemenang IKAPI Awards lainnya adalah Eka Aryani lewat novel Teluk Alaska di kategori book of the Year. Kategori writer of the year dianugerahi kepada Meta Hanindita.

Kategori Literary Promotor diberikan kepada sastrawan Ajip Rosidi yang berpulang 29 Juli 2020 di Magelang, Jawa Tengah. Serta kategori lifetime achievement dianugerahi kepada penyair sekaligus sastrawan Sapardi Djoko Damono yang meninggal pada 19 Juli 2020.

Setiap tahunnya, IIBF memberikan anugerah kepada penulis maupun sosok yang berjasa di bidang literasi lewat penghargaan IKAPI.



Simak Video "Momen Haru Istri Sapardi Djoko Damono Terima Penghargaan IKAPI"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)