Memoar Pertama Barack Obama Sapa Pembaca 17 November

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 18 Sep 2020 11:09 WIB
Former U.S. President Barack Obama and former first lady Michelle Obama react to the crowd during an unveiling ceremony for their portraits at the Smithsonians National Portrait Gallery in Washington, U.S., February 12, 2018. REUTERS/Jim Bourg
Barack Obama rilis buku memoar Foto: Dok. REUTERS/Jim Bourg
Jakarta -

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengumumkan bakal merilis buku memoar pertamanya yang berjudul A Promised Land. Bukunya rilis dua minggu setelah Pemilu AS.

A Promised Land mengisahkan hari-hari bersejarah saat Obama berada di Gedung Putih dan masa jabatan pertamanya di kantor pemerintah.

Di akun Instagram Barack Obama, ia mengatakan menulis buku memoar itu selama beberapa tahun belakangan untuk merefleksikan masa jabatannya.

"Saya mencoba menuliskan berbagai peristiwa yang jujur tentang kampanye presiden saya dan waktu saya saat berada di kantor: peristiwa pentin dan orang-orang yang membentuknya, pendapat saya tentang apa saya benar dan kesalahan yang saya buat, dan kekuataan politik, ekonomi, dan budaya yang saya hadapi saat itu," tulis Barack Obama di akun Instagram seperti dilihat detikcom, Jumat (18/9/2020).

Dalam memoar A Promised Land, Barack Obama mencoba memberikan pembaca gambaran perjalanan pribadi yang dilakukan bersama Michelle Obama. Serta pengalaman pasang surut yang luar biasa.

"Pada saat Amerika sedang mengalami pergolakan yang begitu besar, buku ini menawarkan beberapa pemikiran saya yang lebih luas tentang bagaimana menyembuhkan perpecahan di negara kita," lanjut Obama.

[Gambas:Instagram]



"Sebbuah tugas yang tidak akan bergantung pada presiden tunggal mana pun, tapi kepada semua warga negara yang terlibat," sambungnya.

Buku setebal 768 halaman adalah memoar Obama yang paling dinantikan. Sebelumnya, ia sukses menerbitkan dua buku yang juga dipuji dan terjual jutaan.

Di antaranya adalah Dreams from My Father dan The Audacity of Hope. Dua buku itu membantunya di kampanye pada 2008 dan menjadikannya presiden kulit hitam pertama di AS.

Nama Barack Obama disandingkan dengan Abraham Lincoln yang juga kerap menulis buku memoar.



Simak Video "Film, Musik, hingga Buku Favorit Barack Obama di 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)