JK Rowling Kembalikan Penghargaan HAM Usai Viral Komentar Antitransgender

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 30 Agu 2020 08:35 WIB
JK Rowling saat menerima penghargaan HAM di New York pada 2019 lalu.
JK Rowling saat menerima penghargaan di New York pada 2019 lalu Foto: Getty Images
Jakarta -

Setelah berbagai komentar antitransgender, JK Rowling mengembalikan penghargaan Hak Asasi Manusia (HAM) yang pernah didapat pada 2019. Penulis Harry Potter itu mengembalikan hadiah dari keluarga Kennedy sebagai penyelenggara penghargaan.

Presiden organisasi Kennedy Award memberikan kritikan terhadap opini transgender yang dilontarkan JK Rowling. Putri almarhum senator Kennedy itu menerbitkan pernyataan yang merasa kecewa yang mendalam kepada komentar penulis.

"Pernyataan itu tidak tepat yang mengatakan saya mengalami transfobik dan saya bertanggung jawab atas kerugian bagi orang-orang transgender," ucap JK Rowling mengomentari kritikan tersebut, seperti dilansir dari berbagai sumber, Minggu (30/8/2020).

JK Rowling mengatakan sudah sejak lama ia menyumbangkan penghasilannya untuk masyarakat LGBT dan pendukung hak transgender untuk hidup bebas dari penganiyaan.

Ia membantah tuduhan kalau membenci kaum transgender. "Saya tidak membenci mereka, atau ingin mereka sakit, atau membela hak-hak perempuan itu salah, diskriminatif, dan menghasut kerusakan pada komunitas transgender," lanjut JK Rowling.

Kerry Kennedy yang memberikan penghargaan pada JK Rowling itu bergabung dengan seleb Hollywood yang mengkritik opini soal antitransgender.

Pernyataan yang dipublikasikan di situs RFK Human Rights menyebut JK Rowling sebagai penerima penghargaan Ripple of Hope untuk pendirian yayasan Lumos tidak sesuai dengan visi ayahnya.

"Saya telah bicara dengan JK Rowling dan mengungkapkan kekecewaan saya yang mendalam bahwa dia telah memilih menggunakan bakat yang luar biasa untuk menciptakan narasi yang menghilangkan identitas orang transgender dan nonbiner," tutur Kerry Kennedy.

Ia melanjutkan komunitas transgender merasa tersakiti dengan serangkaian cuitan yang dilontarkan JK Rowling dan terkesan transfobik.

Pernyataan kontroversial JK Rowling bermula dari opini di Twitter pada Juni lalu saat ia mengatakan mendukung hak transgender tapi tidak percaya dengan penghapusan konsep seks biologis. JK Rowling menuturkan perempuan transgender tidak mengalami menstruasi seperti perempuan pada umumnya.



Simak Video "Di Balik RIP JK Rowling yang Bergema di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)