Setelah 5 Tahun, Komik Batman: Three Jokers Rilis 25 Agustus

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 19 Agu 2020 15:38 WIB
Komik DC Batman: Three Jokers
Komik DC Batman Three Jokers akhirnya rilis 25 Agustus Foto: DC Comics/ Istimewa
Jakarta -

Setelah 5 tahun sejak ide pembuatan komik DC tercetus, akhirnya Batman: Three Jokers rilis. Rencananya, komiknya terbit pada 25 Agustus 2020.

Komik yang ditulis oleh Geoff Johns dan diterbitkan oleh imprint DC yakni Black Label segera tiba. Pada Maret, DC mengumumkan komik Batman: Three Jokers akan mulai dijual pada 17 Juni 2020.

Tapi pandemi COVID-19 membuat industri komik di Amerika terkena dampaknya. Bahkan perilisan komik DC itu sampai mundur ke 25 Agustus.

Ide mengenai penciptaan Batman: Three Jokers dimulai dari komik Justice League #42 yang terbit Juni 2015. Dalam salah satu panel komik, asal muasal Three Joker muncul dari pertanyaan Batman.

Batman menggunakan kekuatan baru yang diperoleh dari Mobius untuk mengajukan dua pertanyaan: siapa yang benar-benar membunuh orang tuanya? Apakah sebenarnya Joker yang membunuhnya?

Jawaban itu baru didapatkan 8 bulan berikutnya ketika komik Justice League #50 rilis saat kelahiran kembali DC Universe. Dalam edisi tersebut, Mobius akhirnya menjawab kepada Batman.

"Ada tiga (yang membunuh kedua orang tua Batman)," ucap Mobius.

Dari alur cerita tersebut, komik Batman: Three Jokers pun dibuat. Meski ada penundaan yang lama akibat COVID-19, tapi edisi pertamanya sudah laku terjual mencapai 300.000 eksemplar.

DC Comics pun merilis sinopsis dari komik Batman: Three Jokers:

"Tiga puluh tahun setelah Batman: The Killing Joke mengubah semesta DC selamanya, Three Jokers menguji kembali mitos tentang siapa atau apa. The Joker itu dan apa yang menjadi innti pertarungan dengan Batman."

Setelah menunggu 5 tahun, akhirnya miniseri komik Batman: Three Jokers rilis akhir bulan ini.

"Cari tahu mengapa ada tiga Joker dan apa artinya bagi Dark Knight dan Clown Prince of Crime. Ini adalah misteri yang tidak pernah dihadapi Batman," tukas DC Comics.



Simak Video "Komik Digital yang Mendidik, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)