15 Tahun Berlalu, Sekuel Novel 5 cm Terbit saat HUT RI ke-75

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 14 Agu 2020 14:36 WIB
Sekuel Novel 5 cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang Rilis saat HUT RI ke-75.
Sekuel novel 5 cm rilis bertepatan dengan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus 2020 Foto: Grasindo/ Istimewa
Jakarta -

Sukses dengan novel 5 cm garapan yang terbit 2005, sekuel yang berjudul 5 cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang segera rilis. Sekuel dari novel mega best seller yang cetak ulang ke-37 kali terbit bertepatan dengan HUT ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020.

Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) merilis novel Donny Dhirgantoro dengan tokoh yang sama tapi konflik baru. Novel 5 cm menceritakan tentang 5 sahabat yang melakukan perjalanan yakni Genta, Ian, Zafran, Arial, dan Riani.

Setelah 15 tahun berlalu, sekuel novel 5 cm menceritakan tentang bagaimana para karakter menghadapi quarter-life crisis.

"Setelah lulus kuliah, kita dihadapkan dengan berbagai pilihan hidup. Bahkan terkadang kita harus mengambil pilihan yang tidak kita sukai. Di sini saya mencoba menjabarkan itu semua dalam suatu bentuk cerita," Donny Dhirgantoro dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (14/8/2020).

Tema 5 cm berisi tentang sebuah perjalanan. Keseruan 5 karakter terulang kembali saat mereka melakukan perjalanan di bulan Agustus atau bertepatan dengan momen kemerdekaan Indonesia.

Kelima karakter melakukan perjalanan ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Sang novelis menghadirkan keindahan tersembunyi dari NTB menjadi latar cerita.

"Di novel 5 cm yang pertama, banyak pembaca yang melakukan traveling ke Mahameru sesuai dengan cerita di dalam bukunya. Kali ini lebih panjang perjalanannya, mudah-mudahan diikuti kembali sama teman-teman seperti yang pertama kemarin," kata Donny.



Menurut Donny, setelah 15 tahun novel 5 cm terbit dan masih digemari para pembacanya, ia mengaku ada beban merilis cerita terbaru.

"Tapi saya mendapat inspirasi bahwa tempat dan masyarakat seindah ini harus diceritakan. Supaya kita tahu bahwa Indonesia itu luas dan penuh dengan keindahan yang tidak disangka-sangka," ujarnya.

Selain penerbitan sekuel novel 5 cm, proses pembuatan sekuel filmnya sudah direncanakan. Saat ini sudah ada pengembangan naskah dan cerita di tangan produser.

Sekuel novel 5 cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang akan rilis secara serentak di toko buku online dan offline seluruh Indonesia pada 17 Agustus 2020.



Simak Video "Serial 'Bridgerton' Disebut Seperti Keluarga Kardashian Era Regency"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)