Sinopsis '5 Cm', Film tentang Persahabatan Remaja

Muhammad Rifqie Putra - detikHot
Kamis, 05 Mar 2020 11:53 WIB
film 5 cm
Foto: imdb/Sinopsis '5 Cm', Film tentang Persahabatan Remaja
Jakarta -

'5 Cm' adalah sebuah film drama Indonesia yang dirilis pada tanggal 12 Desember 2012. Film yang disutradai oleh Rizal Mantovani ini merupakan sebuah adaptasi dari novel yang berjudul yang sama besutan Donny Dhirgantoro yang diterbitkan pada tahun 2005.

Film ini sendiri menceritakan tentang lima remaja yang menjalin persahabatan selama sepuluh tahun, namun jenuh akan keadaan pertemanan mereka. Kelima sahabat ini memutuskan untuk rehat sejenak dari pertemanan mereka selama tiga bulan dan akan kembali untuk menjalani perjalanan penuh impian dan tantangan. Perjalanan tersebut adalah pergi ke puncak tertinggi pulau Jawa yakni Mahameru pada tanggal 17 Agustus.

Namun, banyak fakta yang belum terungkap terkait film '5 Cm' ini:

1. Adegan Berenang di Ranu Kumbolo

Di film '5 Cm' terdapat suatu adegan yaitu berenang di Danau Ranu Kumbolo (https:www.detik.com/tag/ranukumbolo). Danau ini berada tepat di bawah tanjakan terkenal yang bernama Tanjakan Cinta. Padahal di Danau Ranu Kumbolo terdapat tulisan larangan berenang dan jika berenang akan mendapatkan hukuman membersihkan danau tersebut. Larangan ini sendiri bukan tanpa sebab, karena pernah ada kejadian orang tenggelam di danau tersebut.

2. Film Kedua Terlaris Pada Tahun 2012

Film '5 Cm' disebut menjadi film terlaris kedua pada tahun 2012. Film ini mengalahkan beberapa film lainnya seperti The Raid, Negeri 5 Menara, dan Perahu Kertas. '5 Cm' hanya kalah dari film Habibie & Ainun yang berhasil merajai perfilman Indonesia saat itu.

3. Herjunot Ali Tidak Pernah Membaca Novelnya

Meski novel '5 Cm' laris di pasaran dan telah dicetak ulang sebanya 25 kali, Herjunot Ali sang pemeran Zafran mengaku belum pernah membaca novel karya Donny Dhirgantoro tersebut. Bahkan Junot sapaan akrabnya baru mengetahui dari Sunil Soraya, produser film tersebut jika novel tersebut laku di pasaran.

4. Menang Sinematografi Terbaik FFI 2013

Film '5 Cm' memenangkan Festival Film Indonesia (FFI) 2013. Film ini juga mengalahkan beberapa nama seperti Belenggu, Habibie & Ainun, Laura & Marsha, dan Madre.

5. Film Pertama Raline Shah

Film '5 Cm' menjadi awal karir perfilman bagi seorang Raline Shah. Sebelum dikenal sebagai seorang aktris, Raline Shah merupakan salah satu kontestan Puteri Indonesia mewakili Sumatera Utara pada tahun 2008. Setelah main '5 Cm', Raline bermain film di antaranya '99 Cahaya di Langit Eropa' dan 'Surga Yang Tak Dirindukan'.

Tag: film 5 cm, sinopsis film 5 cm, pemeran 5 cm, herjunot ali, pevita pearce, raline shah, dyouthizen, genzipedia



Simak Video "Gaya Cantik Pevita Pearce Umumkan Sembuh dari Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)