Sederet Bintang Harry Potter Tolak Pendapat JK Rowling soal Antitransgender

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 11 Jun 2020 14:15 WIB
JK Rowling
Foto: IMDB/ Istimewa
Jakarta -

Kicauan JK Rowling mengenai antitransgender memicu kontroversi di media sosial. Tak hanya netter, para pemain Harry Potter maupun yang pernah bekerja sama dengan JK Rowling juga tidak sependapat.

Siapa saja yang menolak pendapat JK Rowling soal antitransgender?

1. Katie Leung

Aktris yang menjadi Cho Chang dalam seri film 'Harry Potter' berbagi pendapatnya soal cuitan antitransgender yang dilontarkan JK Rowling. Ia membagikan link petisi untuk mendukung orang-orang transgender kulit hitam, LGBTQ keturunan Afrika, Asia, Karibia, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Ia mengakhiri rangkaian thread di Twitter dengan tagar #AsiansForBlackLives'.



2. Daniel Radcliffe

Lewat esai yang diunggah di website Trevor Porject, Daniel Radcliffe mengatakan transgender perempuan juga perempuan.

"Pernyataan apapun yang berlawanan (dengan transgender) menghapus identitas dan martabat masyarakat transgender dan bertentangan dengan seluruh saran yang diberikan oleh asosiasi kesehatan profesional yang jauh lebih ahli soal ini dibanding saya maupun Jo (JK Rowling)," tulis Daniel Radcliffe seperti dilansir detikcom.

3. Eddie Redmayne

Aktor 'Fantastic Beasts' menentang kicauan JK Rowling. Ia menegaskan merasa hormat kepada masyarakat transgender.

"Sebagai seorang telah bekerja dengan JK Rowling dan anggota komunitas trans, saya tidak setuju dengan komentar Jo. Perempuan trans adalah perempuan, pria trans adalah pria dan identitas non-viner adalah valid," tulisnya.



4. Evanna Lynch

Aktris yang berperan sebagai Luna Lovegood itu mengomentari, "JK Rowling telah melakukan pekerjaan filantropis selama bertahun-tahun. Kinerjanya tidak boleh dihapus karena komentar transfobiknya. Saya teman dan pengagum Jo, saya tidak bisa melupakan ia adalah orang yang murah hati."



Simak Video "Di Balik RIP JK Rowling yang Bergema di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/imk)