detikHot

book

2 Tahun Perjalanan Gina S Noer Tulis Buku Biografi BJ Habibie

Kamis, 12 Sep 2019 13:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Fakhri Arrizal Foto: Fakhri Arrizal
Jakarta - Kesuksesan film 'Habibie & Ainun' membawa Gina S Noer kepada project berikutnya yaitu menggarap buku biografi BJ Habibie. Berjudul 'Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner' diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada 2015.

Gina S Noer menuturkan selama dua tahun ia menggarap biografi tersebut. Ia mewawancarai Habibie, keluarganya, dan orang-orang di sekitarnya. Termasuk mengunjungi kampung halaman Habibie di Parepare, Sulawesi Selatan.

Perempuan yang juga menulis naskah film 'Habibie & Ainun' itu mengatakan banyak cerita yang belum diketahui publik dan ada di dalam buku. Sosok Habibie juga diakui Gina gemar bercerita apa pun.


2 Tahun Perjalanan Gina S Noer Tulis Buku Biografi BJ HabibieFoto: Istimewa


Ketika Habibie bercerita, Gina punya cara tersendiri. Yang terpenting, kata dia, jangan menghentikan cerita Habibie. "Biar Eyang cerita terus karena Eyang senang cerita," ujar Gina tertawa, ketika diwawancarai saat peluncuran bukunya pada 2015.

Salah satu peristiwa yang paling diingat Habibie ketika berusia 13 tahun setelah 40 hari kepergian ayahnya. Ia diperintahkan untuk sekolah di Jakarta.

"Saya baru kehilangan ayah dan disuruh naik kapal 3 hari ke Jakarta. Dikasih foto paman, dikasih koper dan disuruh sekolah internasional di sana. Saya mengerti keputusan Beliau tapi saya juga nggak mengerti kenapa Beliau rela melepas saya," kata BJ Habibie saat peluncuran bukunya di perpustakaannya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Ia wafat setelah menjalani perawatan intensif sejak awal bulan ini.




Simak Video "BJ Habibie di Mata Gina Noer Sang Penulis Naskah 'Habibie dan Ainun'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com