detikHot

book

Pramoedya Akan Senang Sambut Tayangnya 'Bumi Manusia' dan 'Perburuan

Kamis, 15 Agu 2019 13:42 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Haykal/detikcom Foto: Haykal/detikcom
Jakarta - Film 'Bumi Manusia' dan 'Perburuan' resmi tayang di bioskop Tanah Air. Diadaptasi dari novel karangan sastrawan Pramoedya Ananta Toer, dua film tersebut bakal memuaskan rasa penasaran para penggemar Pram atau yang disebut Pramis.

Keluarga Pram menyebut novelis kelahiran Blora itu bakal senang dan menyukai dengan tayangnya 'Bumi Manusia' dan 'Perburuan'.

"Pastinya Pak Pram akan senang dengan film 'Bumi Manusia' dan Perburuan'," ujar putri Pram, Astuti Ananta Toer ditemui di kediaman kawasan Utan Kayu Utara, Jakarta Timur, belum lama ini.

Menurut Astuti, sejak lama ayahnya menunggu karya-karyanya diadaptasi ke layar lebar. Penantian tersebut sudah dimulai puluhan tahun lalu, sejak pertama sutradara Oliver Stone menawar 'Bumi Manusia' agar difilmkan.



Tak berhenti sampai Oliver Stone, 'Bumi Manusia' juga pernah direncanakan difilmkan oleh Bola Dunia dan Elang Perkasa. Namun di tahun 2014, Falcon Pictures yang sukses membuat keluarga Pram jatuh hati.

"Falcon Pictures tidak berbicara soal untung rugi dari film, tapi berbicara soal agama dan kebesaran nama Pramoedya Ananta Toer. Itu yang membuat kami klik," lanjutnya.

Dengan tayangnya dua film tersebut, Astuti juga menyebutkan generasi muda akan kembali mengenal karya-karya Pram. "Memang itu tujuan Pram, agar karyanya bisa dikenali oleh generasi muda dan milenial masa sekarang," tukasnya.




Simak Video "Interpretasi Film ''Bumi Manusia'' yang Berbeda dari Buku"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com