detikHot

book

Kabar Gembira! Novel 'Don Quijote' Edisi Bahasa Indonesia Segera Terbit

Rabu, 10 Jul 2019 17:43 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Festival Don Quijote (Tia Agnes/detikHOT) Foto: Festival Don Quijote (Tia Agnes/detikHOT)
Jakarta - Sukses diterjemahkan ke berbagai bahasa, novel 'Don Quijote' karya Miguel de Cervantes akhirnya rilis dalam bahasa Indonesia. Novel tersebut akan diluncurkan di hari kedua Festival Don Quijote di Komunitas Salihara.

Proses penggarapan dan penerjemahan novel 'Don Quijote' dimulai 3 tahun lalu. Kedubes Spanyol di Indonesia memulai proyek kerjasama dengan Yayasan Pustaka Obor Indonesia serta menggaet Apsanti Djokosujatno sebagai penerjemah.

"Selama 3 tahun cukup banyak kendala. Menerjemahkan sekitar seribu halaman jadi hal yang besar," ujar Kartini Nurdin dari Yayasan Obor saat jumpa pers, Rabu (10/7/2019).

Pihak penerjemah pun secara intens menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia selama 1,5 tahun. "Kami berpatokan dengan novel 'Don Quijote' edisi bahasa Spanyol, Inggris, dan Prancis untuk menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia," lanjutnya.



Kepala Aula Cervantes Jakarta, Javier Serrano Aviles, mengapresiasi novel 'Don Quijote' yang akhirnya terbit dalam bahasa Indonesia.

"Terjemahan bahasa Korea, Italia, Jerman, Tagalog, Prancis dan bahasa-bahasa lainnya sukses diterjemahkan. Inilah yang akan dirayakan akhir pekan ini," katanya.

Javier menuturkan novel termasyhur di dunia itu tak hanya melampaui bahasa dan sastra Spanyol saja. Tapi juga memicu pergerakan di banyak negara.

"Ini adalah warisan budaya buat kami tapi juga milik dunia. Bahkan novelnya dipelajari dan masuk kurikulum di kampus-kampus," ungkap Javier.

'Don Quijote' dianggap sebagai novel yang kompleks dan ada banyak narasi di dalamnya. "Yang terpenting adalah karakter dan ada overlapping realitas dan fiksi, itu yang akan ditemukan para pembaca ketika membacanya," tukasnya.


(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed