detikHot

book

Peduli Lingkungan, MIWF 2019 Kampanyekan Larangan Penggunaan Plastik

Kamis, 27 Jun 2019 14:26 WIB Ibnu Munsir - detikHot
Foto: Ibnu Munsir/ detikHOT Foto: Ibnu Munsir/ detikHOT
Makassar - Makassar International Writers Festival (MIWF) masih berlangsung di hari kedua penyelenggaraan. Selain menghadirkan penulis dan pembicara handal, kegiatan MIWF juga mengagendakan peduli lingkungan.

MIWF mengusung konsep Zero Waste Festival sebagai bentuk kampanye melarang penggunaan plastik sekali pakai. Komitmen ramah lingkungan ini dimulai oleh para relawan dan tim kerja yang wajib membawa botol air minum isi ulang.

"Kami juga membentuk tim Zero Waste yang akan bertugas selama festival. Seluruh sampah yang dihasilkan saat festival akan dipilah, dijadikan kompos, didaur ulang agar tidak berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang," kata Direktur MIWF, Lily Yulianti Farid, di Makassar, Kamis (27/6/2019).


Peduli Lingkungan, MIWF 2019 Kampanyekan Larangan Penggunaan PlastikPeduli Lingkungan, MIWF 2019 Kampanyekan Larangan Penggunaan Plastik Foto: Ibnu Munsir/ detikHOT


MIWF tahun lalu mencatat ada 24.000 pengunjung. Jika dibayangkan semua pengunjung membeli air minum kemasan, maka terbayang sampah yang dihasilkan.

"Ini isu serius, yang mungkin kita coba atas dengan langkah sederhana. Mulai dari diri sendiri," jelasnya Lily.

Tema 'People' juga didedikasikan buat para volunteer. 'People' yang membuat MIWF berjalan hingga hari ini adalah para relawan yang mau bekerja bersama-sama dan berbagi. Tahun ini tercatat ada 119 relawan yang bekerja demi mewujudkan terlaksananya MIWF 2019.




Tonton Juga Mengais Rezeki dari Lautan Sampah Plastik:

[Gambas:Video 20detik]


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com