detikHot

book

Buku Kumpulan Cerpen 'Bugiali' Dipengaruhi Masa Kecil Sang Penulis

Kamis, 31 Jan 2019 17:22 WIB Tia Agnes - detikHot
Buku Kumpulan Cerpen 'Bugiali' Dipengaruhi Masa Kecil Sang Penulis Foto: Istimewa
Jakarta - Musyawarah Buku Komunitas Salihara kali ini mengusung kumpulan cerpen 'Bugiali' karangan Arianto Adipurwanto. Penulisnya pernah mengikuti Literature & Idea Festival (LIFE's) pada 2017 lalu.

'Bugiali' merupakan kumpulan cerpen dari karya seorang penulis dari Lombok yang terdiri dari 20 kisah. Buku yang ditulisnya sejak 2015 itu diterbitkan oleh penerbit Pustaka Jaya dan bekerja sama dengan Studiohanafi.

Sebanyak 19 dari 20 cerita pendek yang terangkum dalam buku ini pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Arianto menuturkan karyanya dipengaruhi oleh kenangan masa kecilnya di Lelenggo, Lombok.

"Dengan menulis, saya seperti kembali ke kampung masa kecil saya. Saya dapat mencium aroma bunga kopi. Saya dapat melihat dengan jelas jernihnya sungai Keditan. Saya kembali menyusuri jalan-jalan setapaknya, juga, dan ini adalah hal terpenting yang saya kira hanya bisa terjadi melalui menulis," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima.



Beberapa cerita yang terhimpun dalam 'Bugiali' diakhiri dengan strategi ending terbuka. Seperti dalam cerpen pembuka yang berjudul 'Suara Dari Puncak Bukit' menceritakan tentang sepasang suami istri, Maq Colak dan Naq Colak, yang berselisih paham tentang makna kesejahteraan hidup.

Pilihan ending terbuka seperti itu punya alasan tersendiri baginya.

"Pengamatan pada kehidupan sehari-hari yang membuat ending terbuka itu sangat mungkin dilakukan," ujar Arianto.



Selain itu, di kumpulan cerita pendek ini, pembaca disuguhkan berbagai kosakata Sasak. Arianto sendiri menjelaskan bahwa dengan memasukkan kosakata Sasak, ia dapat masuk lebih dalam ke cerita yang ia buat.

Musyawarah Buku kumpulan cerpen 'Bugiali' berlangsung pada Jumat (1/2/2019) di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan.


Simak Juga 'Karya Seni Dua Negara Dalam Satu Ruang, Indonesia dan Thailand':

[Gambas:Video 20detik]


Buku Kumpulan Cerpen 'Bugiali' Dipengaruhi Masa Kecil Sang Penulis




(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com