detikHot

book

Soesilo Toer Akui Tolak Festival 'Cerita dari Blora'

Senin, 10 Sep 2018 07:32 WIB Arif Syaefudin - detikHot
Foto: (Arif/detikcom)
Jakarta -

Kemendikbud RI berencana menggelar festival Indosiana Folklor Blora yang bertema "Cerita dari Blora" pada tanggal 12 sampai 15 September 2018 mendatang. Namun, di balik rencana tersebut justru terdapat penolakan dari SoesiloAnantaToer, adik dari Pramoedya Ananta Toer.

Saat ditemui detikcom di rumahnya, Soesilo mengakui, menolak kegiatan tersebut karena mendapatkan dukungan dana dari sponsor perusahaan yang menurutnya merupakan perusak lingkungan. Hal tersebut bergesekan dengan pendiriannya selama ini yang selalu mewanti-wanti agar masyarakat selalu mencintai alam.

"Saya bukannya tidak merestui, tapi menolak. Lha karena mereka itu dapat bantuan dari Semen, dibiayai oleh Semen ini lho di kegiatan ini. itu perusak lingkungan, saya udah 10 tahun membela gunung kendeng," kata Soesilo.


Padahal, dalam rundown kegiatan bertaraf nasional tersebut, 5 poin kegiatan diselenggarakan di rumah masa kecil Pramoedya Ananta Toer, atau yang saat ini sedang ditinggali oleh Soesilo Ananta Toer.

"Saya cuma diundang untuk membedah buku itu, gak ada saya diundang rapat kesana kemari, kalaupun ada mereka bilanganya cuma masalah teknis gitu. Saya gak dilibatkan apa, terkait sponsor atau apa. Saya malah taunya dari luar itu," imbuh Soesilo yang juga menjabat sebagai penasihat Blora Hijau.

Menurut Soes, sapaan akrabnya, bukan hanya dirinya yang menolak karena keberadaan dukungan dana dari sponsor terkait. Beberapa narasumber lain selain dirinya yang bakal diundang ke acara tersebut, menurutnya juga senada dengannya.

"Kalau sponsor-sponsor itu sudah dicabut, tergantung mereka (para narasumber), mau (hadir) atau tidak. Kalau mereka mau, ya saya satu suara mau. Kita satu suara. Makanya saya kemarin bilang ke pak kepala Dinas, pak Kunto itu saya minta hubungin mereka (narasumber), kalau mau ya saya mau," tegasnya.

Sementara dalam konferensi pers pra acara yang digelar di salah satu rumah makan di Blora, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Diprabudpar) Kabupaten Blora, Kunto Aji memastikan telah memutus dukungan sponsor dari perusahaan yang menjadi polemik.


"Seperti yang dari awal saya jelaskan, bahwa sponsorship itu tidak jadi. Kita akan berkirim surat besok kepada 3 sponsorship. Kalaupun ada konsekuensi yang akan timbul nantinya, kita sengkuyung bareng-bareng. Sebagaimana yang dari narasumber ataupun pihak keluarga (Pramoedya Ananta Toer) tidak menghendaki, ya kita akan tetap tindaklanjuti, kita berkirim surat, kebetulan memang kita belum menerima dananya, hanya ada kesanggupan," paparnya kepada wartawan.

Di sisi lain, berdasarkan pantauan detikcom di rumah kecil Pramoedya Ananta Toer yang kini ditinggali Soesilo Ananta Toer, tepatnya di ruangan perpustakaan Pataba, tengah berlangsung aktifitas dekorasi ruangan persiapan festival tersebut.


(doc/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com