DetikHot

book

Bisa Picu Bunuh Diri, Novel 'Thirteen Reasons Why' Dilarang di AS

Kamis, 12 Apr 2018 16:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Bisa Picu Bunuh Diri, Novel Thirteen Reasons Why Dilarang di AS Bisa Picu Bunuh Diri, Novel 'Thirteen Reasons Why' Dilarang di AS Foto: Istimewa
Jakarta - Novel 'Thirteen Reasons Why' menempati peringkat nomor satu novel yang dilarang beredar di perpustakaan AS. American Library Association (ALA) membuat survei dan hasilnya mencengangkan.

ALA mencatat ada sejumlah buku yang berdasarkan polling dilarang beredar termasuk novel yang memiliki judul LGBT. Di daftar teratas terdapat novel 'Thirteen Reasons Why' karya Jay Asher.

Novel dewasa yang sukses diadaptasi menjadi serial televisi Netflix itu juga menuai kontroversi. Baik novel maupun serial televisinya mendapatkan kritik dan dianggap mampu memicu penonton untuk melakukan bunuh diri.



Di posisi kedua ada novel 'The Absolutely True Diary of a Part-Time Indian' karya Sherman Alexie. Bukunya dianggap penuh dengan unsur seksualitas. Bahkan novel 'The Kite Runner' karya Khaled Hosseini juga dianggap penuh dengan konten kekerasan seksual dan menjurus ke persoalan terorisme.

Novel Harper Lee 'To Kill a Mockingbird' juga dilarang beredar, dengan alasan ceritanya penuh dengan masalah ras. Di posisi ke-8 ada 'The Hate U Give' karya Angie Thomas' karena memuat penyalahgunaan narkoba dan terlalu vulgar.

Pada 2016 lalu, pihak ALA mencatat ada 323 buku yang dilarang beredar dan kini menjadi 354.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed