DetikHot

book

Lagi, Novelis Korea Han Kang Masuk Daftar Panjang Man Booker Prize

Selasa, 13 Mar 2018 11:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lagi, Novelis Korea Han Kang Masuk Daftar Panjang Man Booker Prize Lagi, Novelis Korea Han Kang Masuk Daftar Panjang Man Booker Prize Foto: Guardian
Jakarta - Dua tahun lalu penulis asal Korea Han Kang menerima penghargaan Man Booker Prize. Tahun ini daftar panjang kembali diumumkan, nama Han Kang dan László Krasznahorkai berhasil masuk lagi.

Keduanya dikuatkan untuk memperebutkan hadiah senilai £ 50.000. Novelis Han Kang baru saja merilis novel berjudul 'The White Book' yang fokus pada cerita kesedihan akan kematian seorang adik perempuan. Sedangkan Krasznahorkai asal Hungaria sering yang menang Man Booker 2015 sering dielu-elukan dalam Hadiah Nobel.

Tahun ini, penulis Lisa Appinanesi memimpin tim dewan juri yang menyeleksi 108 buku. Ada 13 daftar panjang atau long listed yang dianggap tim dewan juri sebagai buku berkualitas. Penulis asal Irak Ahmed Saadawi juga menuliskan seekor monster yang berkeliaran di jalanan kota di AS.



Penulis asal Taiwan 'Wu Ming-Yi' lewat novelnya 'The Stolen Bicycle' menceritakan pencarian untuk menemukan ayahnya yang lenyap dan sepeda yang hilang. Dua penulis asal Spanyol, Javier Cercas dan Antonio Muñoz Molina juga masuk dalam daftar panjang bersama dengan Gabriela Ybarra lewat debut novel 'The Dinner Guest'.

Penulis asal Prancis Virginie Despentes lewat 'Vernon Subutex 1' dianggap sebagai novel jalanan punk yang berada di dunia rock. Tim dewan juri Appignanesi mengatakan daftar tahun ini sangat banyak.

"Orang-orang hebat akan mengenali karya tersebut dan ada beberapa nama pendatang baru," ujarnya dilansir dari Guardian, Selasa (13/3/2018).



"Setiap kali Anda mengambil sebuah buku, Anda tidak hanya berada di lokasi geografis yang berbeda tapi dalam bentuk imajinasi budaya yang berada di tradisi berbeda dan itu sangat menggembirakan," lanjut Appignanesi.

Hadiah 50 ribu poundsterling akan diberikan kepada pemenang dengan karya fiksi terbaik dan penerjemahnya.
(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed