DetikHot

book

Bagi Leila S Chudori Menulis Karakter yang Usia Lebih Muda Bikin Tertantang

Kamis, 22 Feb 2018 17:13 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Bagi Leila S Chudori Menulis Karakter yang Usia Lebih Muda Bikin Tertantang Bagi Leila S Chudori Menulis Karakter yang Usia Lebih Muda Bikin Tertantang Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Novel 'Pulang' dan 'Laut Bercerita' karya Leila S Chudori membuat pembaca kembali melihat peristiwa kelam yang terjadi di Indonesia. Namun di balik itu semua, Leila menuturkan ada tantangan tersendiri ketika menggarap novel fiksi berlatarkan sejarah.

"Kalau tokoh-tokohnya jauh lebih muda karena saya sudah seusia ini," tutur Leila ketika berbincang dengan detikHOT di Komunitas Salihara, Rabu (21/2/2018).

Contohnya saja karakter Biru Laut dalam novel 'Laut Bercerita' yang berusia sekitar 20 tahunan di tahun 1998. Atau Lintang Utara di novel 'Pulang' yang merupakan gadis keturunan Prancis-Indonesia yang merupakan mahasiswa Universitas Sorbonne.



"Saya harus menyegarkan kembali ingatan di usia itu tapi harus juga diadaptasikan Biru Laut tahun 1998 dan suaranya harus berasal dari tahun 1998 bukan dari tahun ini," kata penulis skenario 'Dunia Tanpa Koma' (2006).

Leila juga setuju dengan yang dikatakan Melani Budianta dalam Musyawarah Buku 'Laut Bercerita' di Komunitas Salihara. Yakni, suara yang ditulis harus berasal dari karakter novel bukan penulis yang menuliskannya.

"Saya kan juga harus bertanya ulang ke anak-anak masa itu, jiwanya kayak apa. Jangan sampai suaranya dibikin terlalu dewasa," tukasnya.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed