detikHot

book

Karakter Charlie di Buku 'Charlie and the Chocolate Factory' Berkulit Hitam?

Rabu, 27 Sep 2017 14:08 WIB Tia Agnes - detikHot
Karakter Charlie di Buku Charlie and the Chocolate Factory Berkulit Hitam?  Foto: Istimewa Karakter Charlie di Buku 'Charlie and the Chocolate Factory' Berkulit Hitam? Foto: Istimewa
Jakarta - Penelitian terbaru dari Akademisi Amerika mengungkapkan fakta draf awal cerita 'Charlie and the Chocolate Factory' berasal dari sebuah novel. Karakter Charlie tadinya adalah seorang anak laki-laki berkulit hitam yang terjebak dalam pabrik cokelat.

Dilansir dari Guardian, Rabu (27/9/2017), karakter Charlie Bucket yang terperangkap di pabrik cokelat merupakan 'metafora untuk stereotip rasial'. Penelitian tersebut dipertegas dengan perkataan dari istri Roald Dahl, Liccy Dahl.

"Suami saya menginginkan karakter anak laki-laki berkulit hitam," ujarnya.



Kini seorang profesor bahasa Inggris di University of South Carolina Catherine Keyser memberi tahu kepada New York Times tentang plot awal novel bergenre anak-anak tersebut.

"Drraf awalnya memang ada sebuah pabrik cokelat magis milik Willie Wonka. Anak-anak berlomba-lomba mencari tiket emas untuk mengunjunginya. Tapi Augustus Gloop diberi nama Augustus Pottle dan ada dua anak lagi Marvin Prune dan Miranda Piker. Tentu saja Charlie Bucket dalam versi ini adalah anak laki-laki berkulit hitam yang didampingi oleh dua orangtua yang menyayanginya," kata Keyser.

Novel 'Charlie and the Chocolate Factory' kemudian diterbitkan pada 1964 silam. Sampai sekarang diperkirakan sudah terjual lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed