DetikHot

book

Paling Digemari, Bagaimana dengan Buku Anak Indonesia?

Jumat, 22 Sep 2017 15:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Paling Digemari, Bagaimana dengan Buku Anak Indonesia? Paling Digemari, Bagaimana dengan Buku Anak Indonesia? Foto: Andi Sururi
Jakarta - Buku anak paling banyak diminati dan dibeli oleh masyarakat umum di seluruh dunia. Meski begitu, buku anak buatan anak bangsa dinilai masih memiliki kekurangan. Mengapa?

"Buku anak yang baik itu gambar dan teksnya berjalan bersama untuk membentuk ceritanya," ujar Pendiri Litara Foundation Sofie Dewayani ketika mengobrol dengan detikHOT, Jumat (22/9/2017).

Menurutnya, buku yang diterbitkan sekarang masih terlalu banyak teksnya. "Gambarnya juga malah sama dengan teksnya," lanjutnya lagi.



Ketua Reading Bugs dari Komunitas Read Aloud Roosie Setiawan juga menuturkan sebagai konsumen yang membeli buku-buku anak juga menyatakan masih banyak yang kualitasnya kurang.

"Buku anaknya juga belum dibuat sesuai dengan kaidah penulisan buku anak yang baik dan benar. Buku cerita bergambar itu harusnya gambarnya juga bercerita bukan gambarnya malah sama dengan teks," kata Rossie.

Menurut data Toko Buku Gramedia, dari 61 persen penjualan, buku anak berada di posisi pertama dengan angka sebesar 39 persen dibandingkan kategori buku lainnya. Simak artikel berikutnya!



(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed