DetikHot

book

Sederet Penulis Ternama Ramaikan Makassar International Writers Festival

Kamis, 18 Mei 2017 07:45 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sederet Penulis Ternama Ramaikan Makassar International Writers Festival Foto: MIWF 2017
Makassar - Makassar International Writers Festival (MIWF) edisi ketujuh baru saja dibuka pada Rabu (17/5) malam. Festival literasi bertaraf internasional pertama dan satu-satunya di Indonesia itu menampilkan sederet nama-nama penulis kenamaan Indonesia dan mancanegara.

Di antaranya adalah penyair Sapardi Djoko Damono yang kembali menjadi bagian MIWF. Istimewanya Sapardi Djoko Damono akan menggelar pameran manuskrip tulisan-tulisan tangan Sapardi. Sastrawan Budi Darma dan Bondan Winarno juga akan meramaikan festival tahun ini.

Ika Natassa yang dikenal lewat novel 'Critical Eleven' dan 'Architecture of Love' itu akan turut hadir. Penulis novel-novel remaja Esti Kinasih, penulis skenario film Salman Aristo, penulis dan jurnalis Maggie Tiojakin, penulis novel dewasa dan buku anak-anak Clara Ng, Arief Ash Shiddiq, Endy Bayuni, Debra Yatim, Lala Bohang, Devi Asmarani, dan tentu saja penyair dan penulis dari Makassar M Aan Mansyur menambah semarak festival.

Tak hanya penulis, penyair, maupun sastrawan saja. Namun pegiat literasi Nusantara lainnya juga bakal meramaikan ajang Makassar International Writers Festival yang ke-7.

Baca juga: Si Buta dari Gua Hantu Dibuat Komik Digital

Mereka adalah Pendiri Pustaka Bergerak Nirwan Ahmad Arsuka, dan dua tokoh penggerak perpustakaan komunitas, Muhammad Ridwan Alimuddin dan Maman Suherman. Tahun ini Perahu Pustaka Colliq Pujie akan diluncurkan. Ini perahu pustaka ketiga, sebelumnya, Perahu Pustaka Pattingalloang yang merupakan perahu pustaka pertama diresmikan pada MIWF 2015.

Kemeriahan MIWF tahun ini juga diisi oleh penulis mancanegara. Mereka hadir untuk membagi pengalaman dan gagasan dalam berbagai topik pilihan. Seperti Bénédicte Gorrillot penulis buku-buku Perancis kontemporer dan sejak 2005 sudah menulis lebih dari enam puluh artikel tentang puisi-puisi karya penyair-penyair Perancis.

Penulis keturunan Iran yang lahir dan tinggal di Jerman, Shida Bazyar, yang banyak menulis tentang keluarga-keluarga migran dari Iran juga akan hadir. Selain itu ada penulis asal Hong Kong Xu Xi, Ridwan Saidi, Lokman Hakim dan Shaz Johar penulis asal Malaysia, Ypil Lawrence seorang penyair dan esais dari Cebu, Filipina.

Mark Heyward penulis dan peneliti asal Australia yang sudah 25 tahun melakukan penelitian di Indonesia, dua bukunya tentang Indonesia "Crazy Little Heaven, an Indonesian Journey" dan "Looking for Borneo". Hadir jugaa empat penulis Australia lainnya Antje Missbach, Derek Pugh, Jemma Purdey, dan Madelaine Dickie.
(tia/doc)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed