DetikHot

book

Bentang Pustaka Ciptakan Tren Wattpad Lewat 'Belia Writing Marathon'

Rabu, 17 Mei 2017 17:11 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Bentang Pustaka Ciptakan Tren Wattpad Lewat Belia Writing Marathon Foto: ilustrasi: edi wahyono
Jakarta - Tren Wattpad tak hanya mewarnai industri penerbitan buku Tanah Air. Penerbit Bentang Pustaka juga menciptakan hype itu sendiri di akun Wattpad. Ide menarik tersebut yang dilontarkan bertepatan dengan momen Hari Buku Nasional 2017.

"Kebanyakan selama ini penerbit-penerbit berburu karya di Wattpad yang menarik dan view banyak. Nah, idenya kami balik, kami ciptakan sendiri," kata Editor Fiksi Remaja dan Fiksi Populer Bentang Pustaka, Dila Maretihaqsari, kepada detikHOT, Rabu (17/5/2017).

Pihak Bentang Pustaka membuat akun @beliawritingmarathon, dan mengajak 11 penulis untuk ikut serta. "Kami juga merancang program ini untuk 6 bulan (180 hari) dengan update cerita setiap hari dengan tema cerita cinta sekolah. Responsnya luar biasa, capaian view tertinggi 7.9M dengan judul Dear Heart Why Him oleh Haula S," tutur Dila Maretihaqsari.

Baca Juga: Selamat Hari Buku Nasional 2017

Lewat program tersebut, cerita para penulis muda sangat menarik. Tak sekadar cerita cinta biasa saja, tapi juga selalu menyimpan makna positif untuk direnungkan para pembaca remaja, serta menyimpan pelajaran hidup yang disampaikan tanpa menggurui.

Dila Maretihaqsari menyebutkan salah satu contohnya. Yakni novel berjudu 'Listen to My Heartbeat' karya Arumi E. Novel tentang cinta segitiga itu tidak ada sama sekali adegan-adegan fisik tapi ceritanya tetap manis serta seru.

"Lebih penting lagi, tetap disukai pembaca, bisa dilihat dari viewnya yang mencapai 3.4 miliar. Atau Dear Heart Why Him karya Haula S yang sudah mencapai view 7.9 miliar, karya ini ditulis oleh anak SMA, loh," tuturnya berbangga diri.

Sampai saat ini, Bentang Pustaka pun masih menerbitkan cerita-cerita yang menarik dan fleksibel dengan fenomena yang sedang ngetren saat ini.

"Bentang Belia tentunya akan mendukung karya-karya penulis muda atau penulis pemula yang memulai karir mereka, salah satunya dengan cara mencari bakat-bakat itu di platform Wattpad," pungkasnya.

Baca Juga: Penulis Berkelas Dunia



(tia/dal)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed