DetikHot

book

Menelisik Tren Wattpad di Hari Buku Nasional 2017

Rabu, 17 Mei 2017 11:10 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Menelisik Tren Wattpad di Hari Buku Nasional 2017 Tren Wattpad di Hari Buku Nasional 2017 Foto: Istimewa
Jakarta - Fenomena hadirnya Wattpad di industri buku Tanah Air, menambah semarak perayaan Hari Buku Nasional 2017. Mendengar nama Wattpad apa yang terlintas di benak? Sekadar aplikasi online atau menjadi ruang bagi para penulis dan pembaca?

Wattpad adalah komunitas online bagi para penulis dan pembaca. Bagi pembaca yang ingin membaca buku yang dipublikasikan oleh penulis, caranya cukup mudah dengan membuat akun gratis. Ibaratnya Wattpad memudahkan siapapun untuk berkarya dan membaca buku.

"Wattpad menjadi platform wadah menulis tapi juga bertemunya penulis dan pembaca. Bisa dibilang wattpad menjadi cara pintas untuk mereka menerbitkan dan memperkenalkan karya," kata Pemimpin Redaksi Gagasmedia, Resita Wahyu Febiratri kepada detikHOT, Rabu (17/5/2017).

Gagasmedia yang berada di bawah naungan Agromedia Pustaka adalah salah satu penerbit yang berani menerbitkan karya dari para penulis Wattpad. Sejumlah novel sudah diterbitkannya sejak pertengahan tahun lalu dan masih on-going sampai saat ini.

Baca Juga: Selamat Hari Buku Nasional 2017

Menurutnya setelah booming Wattpad dari novel 'Dear Nathan' karya Erisca Febriani, lambat laun banyak penerbit kenamaan Indonesia yang turut merilis karya dari Wattpad. Apa alasannya?

"Wattpad otomatis jadi industri tersendiri dan penerbit meliriknya oh ini sudah ada karya yang nemu pembacanya dan sudah teruji konsistensi berkaryanya. Maka dicobalah menerbitkan dalam bentuk buku cetak," tutur Resita Wahyu.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Editor Fiksi Remaja dan Fiksi Populer Bentang Pustaka, Dila Maretihaqsari. Menurutnya, fenomena Wattpad di industri penerbitan buku unik dan bisa diambil dari sisi positif.

"Karya di wattpad itu banyak sekali, berarti minat menulis besar. Dari sisi penerbit, ini jelas memudahkan pencarian karya yang segar, sekaligus bisa tahu kira-kira semenarik apa naskah itu untuk pembaca. Sementara untuk penulis, juga memudahkan untuk ditemukan dan menjajaki dunia penerbitan, karya mereka bisa diterbitkan dan dibaca lebih banyak lagi orang," tutup Dila Maretihaqsari.

Tak hanya Penerbit Gagasmedia maupun Bentang Pustaka saja yang kini merilis versi cetak karya penulis muda Wattpad. Namun, Wattpad juga mampu menumbuhkan minat baca masyarakat pada umumnya. Seperti apa tren Wattpad di Hari Buku Nasional 2017?

Simak artikel berikutnya tentang Hari Buku Nasional 2017!
(tia/doc)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed