DetikHot

book

Rayakan Hari Buku Nasional 2017, Baca Dulu Novel Populer 'Dear Nathan'

Rabu, 17 Mei 2017 12:45 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Rayakan Hari Buku Nasional 2017, Baca Dulu Novel Populer Dear Nathan Novel 'Dear Nathan' karya Erisca Febriani di perayaan Hari Buku Nasional 2017 Foto: Istimewa
Jakarta - Hari Buku Nasional 2017 menjadi momentum bagi pembaca untuk mengulang kembali bahan bacaan yang disukai. Novel 'Dear Nathan' karya Erisca Febriani masuk dalam sederet karya terpopuler dari tren Wattpad.

Novelnya pun menjadi pembuka bagi karya populer remaja lainnya. Apa kata sang penulis Erisca Febriani?

"Tren Wattpad jadi novel memang udah ada, terutama di luar negeri, tapi memang setelah Dear Nathan booming baru penerbit buka jalur dan melirik Wattpad yang sebetulnya banyak penulis berbakat," tutur Erisca Febriani kepada detikHOT via surel, Rabu (17/5/2017).

Baca Juga: Selamat Hari Buku Nasional 2017

Di peringatan Hari Buku Nasional 2017 ini, Erisca Febriani menceritakan sisi positif dari hadirnya Wattpad.

"Positifnya banyak anak muda yang berani untuk menulis," tutur perempuan yang kini berdomisili di Lampung.

Menurut Erisca Febriani, para penulis muda yang mempublikasikan karya di Wattpad karyanya masih 'mentah'. Mereka membutuhkan penerbit yang betul-betul dapat memoles karya agar lebih sempurna lagi.

"Tren Wattpad ini mengingatkan aku dengan tren fan fiction dan tren blog yang dibukukan, ada positif dan negatifnya. Tergantung mau lihat dari persektif mana," tutur Erisca.

Pemimpin Redaksi Gagasmedia, Resita Wahyu Febiratri juga menambahkan sebelum booming novel 'Dear Nathan' sudah banyak penulis lainnya. "Sebelum mereka belum masa-nya, karena followers-nya juga belum matang. Tapi memang Dear Nathan membuka jalan."

"Wattpad pun diyakini menjadi perantara bagi penulis untuk berkarya, pembaca untuk mendapatkan bahan bacaan, dan dari penerbit untuk mencari bibit baru," pungkasnya.

Novel 'Dear Nathan' menceritakan tentang Salma Alvira yang bertemu dengan seorang cowok yang membantunya menyelusup lewat gerbang samping. Cowok bernama Nathan adalah murid nakal yang sering menjadi bahan gosip kawan-kawan sekolah.

Sederet karya populer lainnya masih bisa ditelisik dan dibaca ulang. Di perayaan Hari Buku Nasional 2017, buku apa yang paling kamu sukai?

Baca Juga: Menelisik Tren Wattpad di Hari Buku Nasional 2017


(tia/doc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed