DetikHot

book

Terjemahan Bahasa Inggris Kumcer 'Larutan Senja' Terbit di London

Jumat, 28 Sep 2018 12:07 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Terjemahan Bahasa Inggris Kumcer Larutan Senja Terbit di London Terjemahan Bahasa Inggris 'Larutan Senja' Terbit di London Foto: Ratih Kumala/dok.pribadi
Jakarta - Buku kumpulan cerpen 'Larutan Senja' yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi 'The Potion of Twilight' kini resmi terbit di London. Penulis Ratih Kumala awalnya merilis 12 tahun yang lalu.

'The Potion of Twilight and Other Stories' sudah beredar di toko-toko buku Tanah Air pada 23 September. Untuk peluncuran buku berlangsung di SOAS University of London pada 25 September waktu setempat.

Kepada detikHOT, Ratih Kumala menceritakan buku kumcer ini sudah lama diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Dr.Soe Tjen Marching. Dari hasil terjemahan yang sudah jadi dan hanya mangkrak di komputer, akhirnya ia berbicara dengan Gramedia Pustaka Utama (GPU).



"Ketika saya berbicara dengan Gramedia mengenai terjemahan ini, mereka tertarik untuk menerbitkan versi bahasa Inggris-nya," ujarnya via surel.
Terjemahan Bahasa Inggris 'Larutan Senja' Terbit di LondonTerjemahan Bahasa Inggris 'Larutan Senja' Terbit di London Foto: Ratih Kumala/dok.pribadi

Dr. Soe Tjen Marching yang menerjemahkan karya Ratih Kumala merupakan dosen South East Asian Studies di SOAS University of London. Di waktu yang bersamaan, Ratih pun sedang melakukan masa residensi (tinggal dan berkarya) di London.

"Jadi sekalian kami bbuat acara peluncuran buku di SOAS. Di acara ini saya juga membawa film pendek buatan Komunitas Sastra Lilin dan Visualite yang berjudul 'Schizophrenia' yang diangkat dari salah satu cerpen saya di buku 'Larutan Senja'," katanya.



Dia pun menambahkan, "Terlaksananya peluncuran buku berkat didukung oleh kepala departmennya Ben Murtagh dan Komite Buku Nasional."

Dalam buku kumcer 'The Potion of Twilight' ada 14 cerpen yang dipublikasikan. Di antaranya adalah ang Paradji, Schizophrenia, Purnama di Borneo yang diterjemahkan The Full Moon in Borneo, Tahi Lalat di Punggung Istriku menjadi The Mole on My Wife's Back, Dalu-Dalu menjadi The Nights, dan lain-lain.

[Gambas:Instagram]




(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed