Keren! 8 Judul Webtoon Ini Dibaca 610 Juta Kali Pembaca Indonesia

ADVERTISEMENT

Keren! 8 Judul Webtoon Ini Dibaca 610 Juta Kali Pembaca Indonesia

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 12 Jan 2023 18:27 WIB
LINE Webtoon Awards 2022
Foto: LINE Webtoon Indonesia/ Istimewa
Jakarta -

LINE Webtoon kembali menyelenggarakan penghargaan bagi judul-judul webtoon yang paling banyak dicintai sepanjang 2022. Ada 8 judul web cartoon (webtoon) yang sukses terpilih dalam kategori Paling Banyak Ngabisin Koin hingga Paling Plot Twist.

Kedelapan judul webtoon itu juga sukses di-likes lebih dari 55,5 juta orang sampai dibaca sebanyak 610 juta kali.

LINE Webtoon sebagai platform komik digital terbesar di dunia telah melakukan voting dari 5-8 Desember dan menampilkan 24 judul dari 8 kategori. Tiap kategori ada nominasi yang dipilih mulai dari genre romantis, komedi hingga horor.

Di kategori Paling Bikin Nangis, webtoon berjudul Pupus Putus Sekolah berhasil merebut perhatian pembaca dan mendapatkan suara terbanyak. Kisah seorang anak kecil bernama Pupus yang terpaksa putus sekolah dan diasuh seorang profesor yang mengajarinya tentang kehidupan ternyata membuat banyak pembaca terharu. Webtoon lokal karya Kurnia Harta Winata ini telah dilihat sebanyak 35,8 juta kali dengan rating 9,91 dan telah disukai sebanyak 4 juta kali.

Selanjutnya adalah kategori Paling Plot Twist. Webtoon slice of life lokal WEE!!! adalah judul yang paling banyak mendapatkan suara di kategori ini. Webtoon ini ditulis oleh Amoeba Uwu yang telah dilihat sebanyak 155,1 juta kali serta telah mengumpulkan Like sebanyak 14,4 juta Like. Saat ini, WEE!!! adalah juga salah satu webtoon lokal yang paling banyak dibaca di LINE WEBTOON.

Di kategori Paling Ngakak, webtoon berjudul Eh, Sorry Kesantet berhasil menjadi pilihan pembaca. Webtoon yang telah dilihat sebanyak 6,6 juta kali ini dan disukai sebanyak 676,107 kali ini merupakan karya Aiextradip. Mengusung kisah ajaib tentang seorang anak gadis blasteran dukun dan kuntilanak yang ingin hidup normal, webtoon lokal ini berhasil membuat pembaca terbahak-bahak.

Turut bersaing dengan webtoon lokal, webtoon romantis berjudul Must Be a Happy Ending berhasil mendapatkan suara terbanyak dari para pembaca di kategori Paling Bikin Salting Ditulis oleh Bulsa dan Digambar oleh Jaerim, webtoon ini telah dilihat sebanyak 106,7 juta kali dan mendapatkan rating 9,76 serta disukai oleh 7,8 juta pembaca. Hingga saat ini, Must Be a Happy Ending telah memasuki episode ke-84.

LINE Webtoon Awards 2022LINE Webtoon Awards 2022 Foto: LINE Webtoon Indonesia/ Istimewa

Kategori selanjutnya adalah kategori Paling Ngabisin Koin dan yang terpilih adalah webtoon berjudul Marry My Husband yang juga berasal dari genre romantis. Marry My Husband berkisah tentang pengkhianatan suami dan sahabat sang istri.

Menariknya, sang istri malah terlempar kembali ke masa lalu dan ia bertekad untuk membuat agar suaminya di masa lalu menikahi sahabatnya alih-alih dirinya sendiri. Hingga saat ini, webtoon yang diadaptasi oleh LICO serta merupakan karya asli dari Sungsojak ini telah dilihat oleh 82 juta pembaca serta mengumpulkan 5,9 juta Like.

Line Webtoon Indonesia Lead, Ghina Fianny mengatakan ajang penghargaan bagi webtoon ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi para pembaca agar terlibat secara langsung.

"Kami ingin memberikan penghargaan bagi para pembaca webtoon untuk menentukan judul yang mereka cintai dan telah menemani keseharian mereka sepanjang tahun lalu," kata Ghina dalam keterangan yang diterima detikcom.

Sejak 2015, LINE Webtoon hadir di Indonesia dan sukses memiliki ribuan serial yang disukai di Tanah Air.



Simak Video "Deretan Drakor Terpopuler yang Sedang Tayang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT