ROH Hadir di S.E.A Focus 2023, Tampilkan Karya Agung Kurniawan soal 1965

ADVERTISEMENT

ROH Hadir di S.E.A Focus 2023, Tampilkan Karya Agung Kurniawan soal 1965

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 06 Jan 2023 11:04 WIB
Pameran Tunggal Agung Kurniawan di ROH Galleri (S.E.A Focus 2023)
Foto: ROH/ Istimewa
Jakarta -

Galeri seni asal Jakarta, ROH, hadir berpartisipasi dalam ajang S.E.A Focus 2023 yang diselenggarakan di Singapura pekan ini. Seniman asal Yogyakarta Agung Kurniawan menjadi representatif dari ROH dengan menampilkan pameran seni bertajuk The God of Small Things.

Pria kelahiran 1968 di Jember, dikenal sebagai seniman multidisiplin yang berkarya menghasilkan karya seni instalasi, performans, teater, dan seni performans. Dia kerap mengeksplorasi permasalah sosial-politik dan sejarah yang fokus pada trauma serta tragedi suatu bangsa.

Selama beberapa tahun belakangan, Agung Kurniawan telah mengembangkan karya seni seri terbaru yang memakai medium kertas.

"Ada layer dalam sejarah yang kompleks dan fiksi yang berdasarkan periode reformasi bersejarah di Indonesia pada tahun 1965," tulis keterangan ROH, seperti diterima detikcom.

Pameran tunggal The God of Small Things terdiri dari sekitar 13 lukisan cat minyak. Setiap garis, komposisi, dan detail dari setiap bentuk menggambarkan banyak cerita.

Pameran Tunggal Agung Kurniawan di ROH Galleri (S.E.A Focus 2023)Pameran Tunggal Agung Kurniawan di ROH Galleri (S.E.A Focus 2023) Foto: ROH/ Istimewa

"Ada rasa sensitivitas yang ada dalam setiap lukisannya. Dalam karya kali ini, Kurniawan juga membuat puisi, doa, dan mantra di dalamnya yang patut kita apresiasi," sambungnya.

Dalam ajang S.E.A Focus 2023, Agung Kurniawan juga bakal menggelar seni performans berjudul Sri: A Short Biography of a Genocide Survivor. Performans ini akan membawa para pencinta seni kepada masa kelam Indonesia yang terjadi pada 1965-1966.

Saat itu, cerita mengenai genosida menjadi hal kelam dan seakan tidak pernah dibicarakan oleh pemerintah. Peristiwa pembunuhan massal itu menjadi tragedi tak terlupakan. Ada ratusan korban dan saksi bisu yang masih mencoba untuk bersuara sampai sekarang.

S.E.A Focus digelar di Artspace @Helutrans, kawasan Tanjong Pagar Distripark, 39 Keppel Road, Singapura. Eksibisi digelar mulai 6 hingga 15 Januari 2022.



Simak Video "Potret Malam Affandi, Pameran 32 Tahun Kematian Sang Maestro Lukis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT