Dari Glamour, Penampilan 'Putri Candrawathi' Kini Bak Emak Medioker

ADVERTISEMENT

Dari Glamour, Penampilan 'Putri Candrawathi' Kini Bak Emak Medioker

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 09 Nov 2022 16:00 WIB
Foto Rekayasa Putri Candrawathi Karya Agan Harahap
Foto: Courtesy of Agan Harahap/ Instagram
Jakarta -

Agan Harahap sukses membuat rekayasa foto Sambo ketika remaja di Makassar sampai Putri Candrawathi. Hasil manipulasinya menjadi sebuah karya seni tak tertandingi di era kehebohan kasus Sambo yang tak berujung.

Sebelum menjadi terdakwa, Putri Candrawathi diberitakan oleh media massa karena membawa tas mewah yang bernilai puluhan juta. Tas branded itu dihadirkannya saat mendatangi rekonstruksi yang digelar oleh kepolisian.

Kini, perempuan yang akrab disapa sebagai Bu PC itu tampil seperti emak-emak sederhana. Dalam beberapa persidangan yang disiarkan secara live, Putri Candrawathi digambarkan mengenakan kemeja berwarna putih dan tanpa embel-embel kemewahan lainnya.

Agan Harahap pun membuatnya seperti kondisi saat ini. Kepada detikcom, Agan menuturkan penampilan Putri Candrawathi ditampilkan secara berbeda dalam rekayasa yang dibuatnya.

"Bagaimana PC yang biasa tampil glamour, tiba-tiba 'fashion'-nya dicopot dan menjelma sebagai emak-ema medioker," ucap Agan Harahap.

Seniman yang berdomisili di Yogyakarta itu menuturkan membuat foto manipulasi Putri Candrawathi untuk memeriahkan situasi yang sedang ramai belakangan ini.

"Untuk memeriahkan saja, karena animo masyarakat tapi dengan cara gue sendiri," tegasnya.

Sejak kasus Sambo mencuat sampai satu per satu tabir tersingkap, Agan Harahap memang sudah membuat manipulasi para karakter dari dalang peristiwa tersebut.

Sebelumnya, ia membuat foto Sambo sekitar 30 tahun kemudian saat sudah menua dan beruban. Bahkan Agan menciptakan narasi yang tak biasa kalau Sambo berada dalam bui dan kerap main 'tembak-tembakan' ke arah tembok.

Kemarin, saat persidangan kasus itu kembali bergulir, Agan membuat lagi rekayasa potret Putri Candrawathi dan Kuat Ma'ruf yang duduk di kursi terdakwa. Keduanya tampak nyengir di persidangan dan mengenakan kemeja dengan warna putih yang senada.

Agan mengatakan foto-foto yang direkayasa-nya merupakan animo dari masyarakat. Dia menuturkan proses persidangan kasus Sambo terlalu lama mencapai titik terang dan menjemukan.

Simak juga Video: Tak Ada Saksi yang Lihat Putri Dilecehkan, Termasuk Kuat

[Gambas:Video 20detik]




(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT